Indonesia Termasuk 5 Negara Berhasil Kendalikan Covid-19

Jakarta, Beritasatu.com - Indonesia dinilai berhasil dalam penanganan pandemi Covid-19 dan menjadi salah satu di antara 5 negara yang mampu mengendalikan lonjakan kasus Covid-19.

Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, mengatakan, kelima negara itu adalah India, Jepang, Indonesia, Iran, dan Filipina.

"Setidaknya terdapat lima negara, termasuk Indonesia yang berhasil menurunkan kasus secara signifikan dan dapat mempertahan penurunan tersebut dalam waktu cukup lama," kata Wiku saat memberikan keterangan pers pada Kamis (25/11/2021).

Ia mengatakan, di India kasus positif Covid-19 sudah mengalami penurunan hingga 97% dari puncak. Dan, penurunan ini bertahan hingga 201 hari. Sedangkan jumlah kasus mingguan berkisar 69.165.

Baca Juga: Update Covid-19: Waspada, Kasus Positif Bertambah Lagi 372

Sementara itu, Filipina berhasil menekan kasus mingguan hingga 93,4% yaitu 8.342 kasus dari puncak lonjakan yang mencapai 34.284 kasus. Penurunan kasus positif di Filipina, kata Wiku, telah bertahan selama 71 hari.

Di Iran, lanjut Wiku, terjadi penurunan kasus sebesar 87% dari puncak dengan penurunan bertahan selama 100 hari terakhir.

Saat ini, kasus mingguan di Iran berada pada angka 36.367 kasus, lebih rendah dari kasus terendah sebelum lonjakan sebesar 55.271 kasus.

Sedangkan di Jepang, kasus positif turun sebesar 99,5% dari puncak kasus dan telah bertahan selama 157 hari. Penurunan ini berhasil ditekan secara signifikan, dimana kasus terendah sebelum lonjakan adalah 9.986 kasus dan saat ini kasus mingguan hanya 890 kasus.

Baca Juga: Update Covid-19: Waspada, Kasus Positif Bertambah Lagi 372

"Pencapaian Indonesia dapat dikatakan mampu bersaing dengan negara-negara ini. Negara kita telah berhasil menurunkan kasus hingga 99,3% dari puncak lonjakan. Mirip dengan Jepang dan berhasil dipertahankan selama 130 hari, lebih lama dari Iran dan Filipina,"jelas Wiku.

Ia mengatakan, saat ini kasus mingguan di Indonesia sebesar 2.564 kasus atau jauh lebih kecil dibandingkan kasus mingguan terendah sebelum puncak yang mencapai 26.126 kasus.

"Jumlah ini juga, jauh lebih sedikit jika disandingkan dengan jumlah penduduk, dimana Iran dan Filipina yang penduduknya lebih sedikit dari Indonesia masih memiliki jumlah kasus yang lebih besar," katanya.



Penulis: Novy Lumanauw / EHD
Sumber: BeritaSatu.com

#Kendalikan Covid-19 #Pandemi Covid-19 #Wiku Adisasmito #Covid-19

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Wapres Resmikan Monumen Pahlawan Covid-19 Jawa Barat

Meski Diadang Pandemi, Exquise Patisserie Tambah Gerai Baru

ERT Putra Perkasa Abadi Juara Umum IFRC 2021

PB ISSI Kirim Atlet Berlatih ke Swiss

Varian Omicron Mengancam Pemulihan Ekonomi Dunia

Mine Perfumery Kembali Berinovasi Abadikan Momen 2021

Prima Protect Plus Bagikan Paket Sanitasi untuk Mitra Grab

Brasil Sudah Vaksinasi Covid 90% Populasi

Pemberdayaan Masyarakat, PT TCM Gandeng ISSF

Bus Terbakar di Tol Semarang-Solo

BERITA TERPOPULER