Disebut Setara dengan Pablo Escobar, Gembong Narkoba Dairo Antonio Usuga Ditangkap

Bogota, Beritasatu.com – Gembong narkoba paling dicari di Kolombia telah ditangkap oleh pihak berwenang dalam apa yang telah digembar-gemborkan sebagai pukulan terbesar bagi pengedar narkotika negara itu selama beberapa dekade. Presiden Kolombia Iván Duque mengkonfirmasi penangkapan Dairo Antonio Usuga, yang dikenal sebagai "Otoniel," dalam pidato nasional yang disiarkan televisi akhir pekan kemarin.

"Aksi penangkapan ini hanya sebanding dengan jatuhnya Pablo Escobar di tahun 90-an," kata Duque, mengacu pada raja obat bius Kolombia yang meninggal pada 1993 setelah membangun kerajaan bernilai miliaran dolar yang berurusan dengan kokain.

"Otoniel adalah pengedar narkoba yang paling ditakuti di dunia, pembunuh polisi, tentara, pemimpin sosial, dan perekrut anak di bawah umur," katanya.

Otoniel (50), ditangkap oleh pihak berwenang Kolombia selama operasi di daerah pedesaan di wilayah Uraba Kolombia, yang terletak di provinsi Antioquia, Reuters melaporkan. Seorang petugas polisi tewas dalam operasi tersebut, menurut laporan tersebut.

Otoniel adalah pemimpin kartel narkoba 'Clan del Golfo', yang digambarkan Departemen Luar Negeri AS sebagai "bersenjata berat dan sangat kejam." Dia menjadi pemimpin setelah menjalankan tugas sebagai gerilyawan sayap kiri dan paramiliter, menurut Reuters.

Baca Juga: Atasi Kelompok Bersenjata di Perbatasan, Kolombia Kerahkan 14.000 Personel Militer

Kartel tersebut terdiri dari mantan anggota organisasi teroris, menurut Departemen Luar Negeri, dan menggunakan kekerasan dan intimidasi untuk mengontrol rute perdagangan narkotika, laboratorium pemrosesan kokain.

Otoniel didakwa oleh Distrik Selatan New York pada tahun 2009. Departemen Luar Negeri menawarkan hingga $ 5 juta (sekitar Rp 70 miliar) untuk informasi yang mengarah pada penangkapan atau hukumannya, sementara Kolombia menawarkan hadiah hingga 3 miliar peso Kolombia (sekitar $ 800.000 atau Rp 11 miliar) untuk informasi tentang dirinya. keberadaannya, Reuters melaporkan.

Duque mengakhiri pidatonya di televisi dengan pesan untuk pengedar narkoba lainnya, mengatakan: "Untuk semua penjahat dan pengedar narkoba: Anda menyerah, atau kami akan datang dan menangkap Anda."



Penulis: Surya Lesmana / LES
Sumber: CNN

#Gembong Narkoba Ditangkap #Kartel Narkoba #Kolombia #Amerika Serikat #Pablo Escobar #Dairo Antonio Usuga

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Wapres Resmikan Monumen Pahlawan Covid-19 Jawa Barat

Meski Diadang Pandemi, Exquise Patisserie Tambah Gerai Baru

ERT Putra Perkasa Abadi Juara Umum IFRC 2021

PB ISSI Kirim Atlet Berlatih ke Swiss

Varian Omicron Mengancam Pemulihan Ekonomi Dunia

Mine Perfumery Kembali Berinovasi Abadikan Momen 2021

Prima Protect Plus Bagikan Paket Sanitasi untuk Mitra Grab

Brasil Sudah Vaksinasi Covid 90% Populasi

Pemberdayaan Masyarakat, PT TCM Gandeng ISSF

Bus Terbakar di Tol Semarang-Solo

BERITA TERPOPULER