Musim Dingin, Suhu di Kanada Barat Malah 22 Derajat Celsius

Montreal, Beritasatu.com - Sebuah wilayah di Kanada barat telah mencapai rekor suhu yang tinggi di musim dingin, hanya beberapa bulan setelah negara itu mengalami gelombang panas, yang menyebabkan kekhawatiran global tentang perubahan iklim. Penticton, sebuah kota di British Columbia tengah, pada hari Rabu (1/12/2021) mencatat suhu tinggi 72,5 derajat Fahrenheit (22,5 derajat celsius).

"Ini adalah rekor, atau setara dengan rekor, tepatnya," kata ahli meteorologi Lingkungan Kanada Armel Castellan kepada AFP.

Suhu udara tinggi di musim dingin di Kanada pernah mencapai 72,5 derajat Fahrenheit pada 3 Desember 1982 di kota tenggara Hamilton, Ontario, kata Castellan.

Penticton jaraknya beberapa ratus mil arah tenggara Lytton. Terletak 250 km timur laut Vancouver, Lytton mendapat perhatian internasional selama musim panas setelah mencapai rekor panas Kanada baru 49,6 derajat celsius.

Baca Juga: Alami Curah Hujan Rendah pada Musim Dingin Lalu, Waduk di Suriah Mengering

Provinsi British Columbia juga menderita selama musim panas terkait dengan perubahan iklim dan merasakan suhu bertekanan tinggi di Kanada bagian barat dan Amerika Serikat (AS) bagian barat. Gelombang panas memperburuk kebakaran hutan dan merenggut ratusan nyawa.

"Sejak September, kami mendapat banyak panas dari subtropis," jelas Castellan.

Curah hujan yang tinggi telah menyebabkan bencana banjir di provinsi tersebut sejak pertengahan November, yang juga dikaitkan oleh pihak berwenang dengan dampak perubahan iklim.

Studi terbaru menunjukkan, perubahan iklim secara langsung bertanggung jawab atas beberapa gelombang panas. Salah satu yang melanda Kanada pada bulan Juni terjadi karena pemanasan global yang disebabkan manusia, kata konsorsium sains Atribusi Cuaca Dunia.



Penulis: Surya Lesmana / LES
Sumber: AFP

#Perubahan Iklim #Gelombang Panas #Kanada #Musim Dingin

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

East Ventures Berpartisipasi dalam Pendanaan Inteluck US$ 15 Juta

Kapolri Sambut Baik Penandatanganan Perjanjian Ekstradisi Indonesia-Singapura

Raih Pendanaan US$ 72 Juta, Darwinbox Kini Jadi Unicorn

Hoax, Permen Yupi Terbuat dari Minyak Babi

Kapuas Prima Coal Incar Penjualan Bertambah US$ 43 Juta

Kembangkan Layanan, Bank Aladin Dilatih Tim Google

Optimistis Pandemi Berlalu, Komunitas Sepak Bola Gelar Nobar Keliling

IPO, Saham Net TV Tercatat di BEI

IHSG Berbalik Melemah di Akhir Sesi I

Sudah Lebih 10.000 Kasus, Ini yang Baru Diketahui tentang Subvarian BA.2

BERITA TERPOPULER