Jumlah Korban Tewas Akibat Tornado di Tiongkok Jadi 12 Orang

Shanghai, Beritasatu.com- Sedikitnya 12 orang tewas setelah tornado melanda dua provinsi di Tiongkok. Seperti dilaporkan kantor berita Xinhua, Sabtu (15/5/2021), dua tornado mengoyak pusat kota Wuhan di Tiongkok dan satu kota di provinsi timur Jiangsu.

“Delapan orang dilaporkan tewas di Wuhan, di provinsi Hubei, dengan 280 orang terluka setelah tornado hari Jumat melanda distrik Caidian pada pukul 8:39 malam. waktu setempat,” kata Xinhua.

Tornado itu merobohkan 27 rumah dan merusak 130 lainnya, serta dua menara derek dan deretan gudang di lokasi konstruksi, tambahnya.

"Saya dibesarkan di Wuhan dan saya belum pernah melihat yang seperti ini. Baru-baru ini terjadi begitu banyak cuaca ekstrem," kata seorang penduduk kota memposting di aplikasi Weibo, Tiongkok.

Baca Juga: Tornado Landa Tiongkok, 6 Orang Tewas

Menurut Xinhua, tornado lain menghantam kota Shengze, di daerah Suzhou, provinsi Jiangsu yang rawan tornado. Tornado menewaskan empat orang dan melukai 149 orang.

Petugas pemadam kebakaran mengatakan angin merusak fasilitas listrik dan merobohkan beberapa bangunan pabrik.

Tornado sering melanda Jiangsu pada akhir musim semi dan awal musim panas.

Pusat komersial Tiongkok di Shanghai, sekitar 62 mil dari Suzhou, juga dilanda badai petir yang kuat, yang mendorong petugas cuaca untuk mengumumkan peringatan.

Baca Juga: Tornado Hantam Tiongkok Timur, Sekitar 78 Tewas

“Tiongkok menghadapi cuaca yang lebih ekstrem sebagai akibat dari perubahan iklim,” kata Jia Xiaolong, seorang pejabat peramal, kepada wartawan pada akhir April

Jia menambahkan bahwa risiko bencana seperti gelombang panas dan banjir diperkirakan akan meningkat di tahun-tahun mendatang.

Menurut penyelidikan awal oleh pihak berwenang setempat pada Sabtu pagi, rumah dari 27 rumah tangga roboh, dan rumah dari 130 rumah tangga rusak. Dua pengerek dan 8.000 meter persegi gudang lokasi konstruksi juga mengalami kerusakan.



Penulis: Unggul Wirawan / WIR
Sumber: BeritaSatu.com

#Tiongkok #Tornado #Shanghai

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Mancini Yakin Italia Bakal Kian Bersinar

Bunuh Diri Hummels Antar Prancis Tundukkan Jerman

Portugal Menang, Ronaldo Buat 4 Rekor

Ronaldo Dua Gol, Portugal Bungkam Hungaria 3-0

Menit 87 Ronaldo Perbesar Keunggulan Portugal

Menit 83, Raphael Guerreiro Bawa Portugal Unggul

Video Viral Pecah Kaca Truk Ternyata Keributan Antar Sopir

Setelah 17 Tahun, Perang Dagang AS- Uni Eropa Mereda

Bank Dunia dan Uni Afrika Distribusikan Vaksin Covid-19

Korban Mafia Tanah 45 Hektare Berharap Hakim Tolak Pembelaan Dua Tersangka

BERITA TERPOPULER