Pupuk Indonesia Gandeng Bareskrim Polri Awasi Penyaluran Pupuk Bersubsidi

Jakarta, Beritasatu.com - Sebagai upaya meningkatkan pengawasan penyaluran pupuk bersubsidi, PT Pupuk Indonesia menjajaki kerja sama dengan Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri.

Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero), Bakir Pasaman menjelaskan, sebagai BUMN holding produsen pupuk, perusahaan memiliki komitmen kuat dalam mendukung program ketahanan pangan nasional. Khususnya melalui penyediaan pupuk bersubsidi sesuai penugasan atau alokasi yang ditetapkan oleh pemerintah.

"Pupuk bersubsidi merupakan salah satu elemen penting dalam sektor pertanian dan ketahanan pangan nasional. Sehingga penyalurannya harus bersama-sama kita kawal dengan baik dan ketat,” ujar Bakir dalam keterangan tertulisnya, Jumat (5/3/2021).

Baca Juga: Pupuk Bersubsidi Langka di Kabupaten Tangerang

"Untuk itu kami menjajaki kerja sama dengan Bareskrim Polri, untuk ikut membantu kami dalam mengawasi penyaluran pupuk bersubsidi di berbagai daerah. Serta menindak tegas oknum yang melakukan penyelewengan, karena sangat merugikan petani dan mengancam ketahanan pangan nasional,” tegasnya.

Selain dengan pihak kepolisian, perseroan juga rutin berkoordinasi dengan berbagai pihak melalui petugas lapangan perusahaan yang tersebar di berbagai daerah. Mereka secara rutin berkoordinasi dengan Dinas Pertanian, Petugas Penyuluh Lapangan (PPL), Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3), kelompok tani, hingga aparat TNI.

"Tidak hanya aparat penyelenggara pemerintah, masyarakat umum pun juga dapat mengawasi penyaluran pupuk bersubsidi di daerah,” tambah Bakir.

Baca Juga: Pupuk Indonesia Grup Salurkan Bantuan Covid-19 Rp 10,8 Miliar

Sementara itu Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto berharap dapat terjalin kerja sama yang baik antara Polri dan PT Pupuk Indonesia. Utamanya terkait penyaluran pupuk bersubsidi, serta pelaku usaha pupuk lainnya untuk mencegah perbuatan penyelewengan ataupun penyimpangan.

Oleh karena itu, Komjen Pol Agus Andrianto berharap PT Pupuk Indonesia dapat memetakan titik prioritas penyaluran pupuk bersubsidi pada wilayah atau petani yang membutuhkan.

"Dengan demikian, harapan agar Indonesia menjadi negara tangguh di sektor pangan dapat segera terwujud,” ungkapnya.

 



Penulis: Amrozi Amenan / FER
Sumber: BeritaSatu.com

#Pupuk Indonesia #Bareskrim Polri #Pupuk Bersubsidi #BUMN

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Sundulan Kiper Alisson Jaga Asa Liverpool Lolos ke Liga Champions

Lusa, MKD DPR Gelar Pleno Bahas Azis Syamsuddin

Tahanan BNN Sumut Kabur Setelah Siram Petugas dengan Air Cabai

Pengganti Zidane, Nama Raul dan Joachim Low Masuk Daftar

Puncak Pergerakan Pengguna KRL Masa Libur Lebaran pada Siang Hari

Enam Desa di Aceh Tenggara Diterjang Banjir Bandang

Lima Gol di Selhurst Park, Palace Tumbangkan Villa

Menengok Penampilan Masa Muda Crazy Rich asal Malang

Babak I, West Bromwich vs Liverpool Bermain Imbang

Banjir di Nagan Raya, Ratusan Rumah di 6 Desa Masih Terendam

BERITA TERPOPULER