Elnusa Pertahankan Peringkat AA- dari Pefindo

Jakarta, Beritasatu.com - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menegaskan peringkat AA- untuk PT Elnusa Tbk (ELSA) serta sukuk ijarah berkelanjutan I tahap I tahun 2020. Adapun outlook peringkat perusahaan stabil.

Manajemen Pefindo menyampaikan, peringkat tersebut mencerminkan sinergitas bisnis yang kuat dengan PT Pertamina, posisi perusahaan yang kuat serta adanya diversifikasi pendapatan di bisinis jasa pendukung minyak dan gas (migas) dan kondisi keuangan perseroan yang kuat.

"Namun demikian, peringkat tersebut dibatasi oleh volatilitas di sektor migas serta eksposur perseroan terhadap risiko investasi,” jelas Manajemen Pefindo dalam keterangan resmi, Senin (12/4/2021).

Baca Juga: Dana Pensiun Pertamina Jual Saham Elnusa

Meski demikian, peringkat tersebut dapat dinaikan apabila perseroan secara signifikan mampu memperkuat posisi bisnisnya yang ditunjukan oleh pertumbuhan pendapatan dan laba yang signifikan dengan tetap mempertahankan rasio struktur modal konservatif dan proteksi arus kas perseroan yang kuat secara berkelanjutan.

"Peringkat juga dapat diturunkan apabila perseroan agresi membiaya ekspansi usahanya dengan utang dalam jumlah yang lebih besar dari yang diproyeksikan, sehingga melemahkan ukuran struktur permodalan dan proteksi arus kas,” jelas manajemen Pefindo.

Sebelumnya, perseroan memandang optimis terhadap bisnisnya pada tahun 2021. Perseroan pun menyiapkan anggaran belanja modal (capital expenditure/capex) tahun ini sebesar Rp 600 miliar.

Baca Juga: Dukung Target 1 Juta BOPD, Elnusa Gandeng Schlumberger

Head of Corporate Communication Elnusa, Wahyu Irfan mengatakan, pada tahun ini perseroan akan melakukan investasi pada peralatan yang menunjang pekerjaan hydraulic workover unit, coiled tubing unit hingga penambahan armada mobil tangki dan infrastruktur terminal bahan bakar minyak serta Liquified Petroleum Gas (LPG).

"Selain itu, perseroan juga berencana melakukan investasi untuk menjaga kapasitas peralatan yang ada saat ini,” jelas Wahyu Irfan.

Menurut Wahyu, investasi tersebut sejalan dengan strategi perseroan pada tahun ini untuk meningkatkan kinerja pada tiga lini bisnis utama yaitu jasa hulu migas, jasa distribusi dan logistik energi, serta jasa penunjang seperti strategi diversifikasi portofolio.

Baca Juga: Askrindo Syariah Raih Peringkat idA+ dari Pefindo

Melalui strategi tersebut diharapkan perseroan dapat mencatatkan kinerja positif meskipun terdampak fluktuasi harga minyak dunia, pandemi covid-19 maupun fluktuasi kurs.

“Untuk target 2021, terdapat beberapa peluang yang sedang kami bidik, semoga peluang-peluang ini bisa direalisasikan dengan baik sehingga memberikan pertumbuhan pada kinerja perseroan di akhir tahun 2021,” ujarnya.



Penulis: Nabil Syarifudin Al Faruq / FER
Sumber: BeritaSatu.com

#Pefindo #Elnusa #Pertamina #Migas

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Sundulan Kiper Alisson Jaga Asa Liverpool Lolos ke Liga Champions

Lusa, MKD DPR Gelar Pleno Bahas Azis Syamsuddin

Tahanan BNN Sumut Kabur Setelah Siram Petugas dengan Air Cabai

Pengganti Zidane, Nama Raul dan Joachim Low Masuk Daftar

Puncak Pergerakan Pengguna KRL Masa Libur Lebaran pada Siang Hari

Enam Desa di Aceh Tenggara Diterjang Banjir Bandang

Lima Gol di Selhurst Park, Palace Tumbangkan Villa

Menengok Penampilan Masa Muda Crazy Rich asal Malang

Babak I, West Bromwich vs Liverpool Bermain Imbang

Banjir di Nagan Raya, Ratusan Rumah di 6 Desa Masih Terendam

BERITA TERPOPULER