Gasifikasi Pertamina oleh PTBA Akan Pangkas Impor LPG

California, Beritasatu.com- Pertamina menggelar seremoni penandatanganan amendemen kerja sama dalam proyek gasifikasi batu bara (DME Coal), Selasa (11/5/2021). Selain memangkas impor LPG, proyek Gasifikasi Pertamina PT Bukit Asam akan meningkatkan perekonomian.

Acara penandatanganan amendemen kerja sama ini dihadiri petinggi masing-masing perusahaan dan juga Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Acara ini dilakukan secara virtual antara Indonesia dan Amerika Serikat.

Perjanjian ini sekaligus menjadi kesepakatan Processing Service Argement atas proses gasifikasi batu bara yang menjadi salah satu program pemerintah untuk meningkatkan ketahanan energi nasional.

Menteri BUMN Erick Thohir menyambut baik kerja sama ini. Erick menilai gasifikasi batu bara merupakan salah satu wujud meningkatkan perekonomian nasional secara umum. Selain memaksimalkan potensi yang dimiliki, proyek ini juga akan menghilangkan ketergantungan terhadap proyek impor.

Baca Juga: Anak Usaha Pertamina dan PGN Perkuat Kerja Sama Kepelabuhan

"Gasifikasi batu bara memiliki nilai tambah langsung pada perekenomian nasional secara makro. Akan menghemat neraca perdagangan, mengurangi ketergantungan terhadap impor LPG, dan menghemat cadangan devisa," kata Erick yang mengikuti acara ini dari Amerika Serikat, Selasa (11/5).

Erick pun optimistis kerja sama ini akan memberikan manfaat besar di tengah usaha membangkitkan perekonomian nasional. Peran Pertamina sebagai perusahaan yang tak hanya bergerak untuk memastikan ketahanan energi namun juga menjadi motor untuk menggerakkan industri energi agar tetap mampu beroperasi optimal.

Baca Juga: Erick Thohir Resmikan Tanker Raksasa Pertamina Pride

"Tentu kami berharap kerja sama ini menjadi salah satu bagian dari momentum kebangkitan perekenomian nasional. Dengan memastikan tersedianya kebutuhan energi yang mandiri, kita berharap sektor makro dan mikro dapat terus tumbuh dan menjadi pilar perekonomian nasional," ujar Erick.

Kementerian ESDM juga menyambut baik proyek gasifikasi batu bara. Selain akan memaksimalkan produk batu bara, proyek ini juga akan menggeliatkan sektor energi yang mana misi Indonesia adalah untuk memastikan ketahanan nasional dan menghilangkan ketergantungan pada produk impor.



Penulis: Unggul Wirawan / WIR
Sumber: BeritaSatu.com

#Pertamina #PTBA #LPG #Gasifikasi Batu Bara #Bukit Asam #Erick Thohir

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Mancini Yakin Italia Bakal Kian Bersinar

Bunuh Diri Hummels Antar Prancis Tundukkan Jerman

Portugal Menang, Ronaldo Buat 4 Rekor

Ronaldo Dua Gol, Portugal Bungkam Hungaria 3-0

Menit 87 Ronaldo Perbesar Keunggulan Portugal

Menit 83, Raphael Guerreiro Bawa Portugal Unggul

Video Viral Pecah Kaca Truk Ternyata Keributan Antar Sopir

Setelah 17 Tahun, Perang Dagang AS- Uni Eropa Mereda

Bank Dunia dan Uni Afrika Distribusikan Vaksin Covid-19

Korban Mafia Tanah 45 Hektare Berharap Hakim Tolak Pembelaan Dua Tersangka

BERITA TERPOPULER