Empat Milenial Menangkan Lomba Olahan Pangan Lokal Kementan

Bogor, Beritasatu.com - Empat orang generasi milenial dari empat perguruan tinggi memenangkan lomba kreasi olahan pangan lokal 2021 Kementerian Pertanian (Kementan) dalam mendukung diversifikasi pangan lokal.

Kepala Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan, Kementan, Yasid Taufik dalam sambutannya menuturkan, saat ini sangat sulit memaksa generasi milenial (1980) dan Z (2000) untuk mengkonsumsi pangan lokal.

"Untuk itu, lomba kreasi panganan lokal ini untuk memacu generasi milenial dan Z menyukai dan mengkreasi panganan sesuai keinginannya," papar Yasid di Kota Bogor, Jumat (26/11/2021).

Baca Juga: Hadapi Dunia Kerja Generasi Milenial Diminta Tingkatkan Keterampilan

Untuk itu, Yasid mengapresiasi kerja keras semua pihak yang terlibat dalam proses seleksi produk kreasi sebanyak 120 orang mahasiswa hingga menjadi 20 finalis dan memenangkan empat orang yang mampu mengolah pangan lokal dengan cita rasa global.

Olahan para peserta dinilai oleh juri lomba yakni chef populer Ragil Imam Wibowo dan beberapa chef lain yang mewajibkan bahan olahannya dari pangan lokal selain beras seperti kentang, sorgum dan jagung.

Baca Juga: OJK: Generasi Milenial Berperan Penting Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan

Mereka adalah Juaneta Abigail mahasiswa D3 perhotelan Universitas Multimedia Nusantara, Handika Dwi Ramadhan mahasiswa Jakarta International Hotels School, Fadia Salsabila mahasiswa Jurusan Perhotelan Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti dan Muhammad Irgi Fathoni mahasiswa Politeknik Media Kreatif Jakarta.

"Upaya ini menjadi sangat strategis mengingat kondisi konsumsi pangan sumber karbohidrat masyarakat Indonesia saat ini sebagian besar didominasi oleh beras dan terigu," tambah Yasid.

Sementara, juri lomba Chef Ragil Imam Wibowo mengungkapkan kreasi olahan yang dibuat oleh para peserta sudah cukup mewakili cita rasa yang baik.

Mereka sudah mencoba memberikan sajian olahan pangan lokal yang selama ini kaya di Indonesia namun tidak lagi familiar bagi kaum milenial.  "Kami harap kreasi makan menggunakan ubi, sorgum, jagung ke depan makin berkembang," ujarnya.



Penulis: Vento Saudale / EHD
Sumber: BeritaSatu.com

#Generasi Milenial #Lomba Olahan Pangan #Pangan Lokal #Kementerian Pertanian #Yasid Taufik

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

East Ventures Berpartisipasi dalam Pendanaan Inteluck US$ 15 Juta

Kapolri Sambut Baik Penandatanganan Perjanjian Ekstradisi Indonesia-Singapura

Raih Pendanaan US$ 72 Juta, Darwinbox Kini Jadi Unicorn

Hoax, Permen Yupi Terbuat dari Minyak Babi

Kapuas Prima Coal Incar Penjualan Bertambah US$ 43 Juta

Kembangkan Layanan, Bank Aladin Dilatih Tim Google

Optimistis Pandemi Berlalu, Komunitas Sepak Bola Gelar Nobar Keliling

IPO, Saham Net TV Tercatat di BEI

IHSG Berbalik Melemah di Akhir Sesi I

Sudah Lebih 10.000 Kasus, Ini yang Baru Diketahui tentang Subvarian BA.2

BERITA TERPOPULER