Garuda Layani Penerbangan ke Singapura Tanpa Karantina

Jakarta, Beritasatu.com - Garuda Indonesia menjadi maskapai penerbangan pertama di Indonesia yang melayani penerbangan jalur perjalanan vaksinasi (vaccinated travel lane/VTL) Indonesia-Singapura melalui rute penerbangan Jakarta-Singapura. Rute ini dioperasikan melalui nomor penerbangan GA 836 dan dilayani sebanyak enam kali per minggu dengan armada A330-300.

Melalui program jalur perjalanan vaksinasi tersebut, maka pelaku perjalanan kedua negara yang telah memenuhi kriteria telah mendapatkan dosis lengkap vaksinasi Covid-19 sesuai dengan rekomendasi WHO serta memenuhi kriteria lainnya, dapat melakukan perjalanan antar negara tanpa harus melaksanakan karantina pada saat kedatangan.

“Sejalan dengan langkah percepatan program vaksinasi Covid-19 yang dilakukan berbagai negara, dilaksanakannya program jalur perjalanan vaksinasi ini memiliki arti penting bagi kami dalam menyelaraskan komitmen akselerasi kinerja, utamanya di situasi pandemi dengan senantiasa memastikan aspek fundamental atas kebutuhan perjalanan di era kenormalan, yakni rasa aman dan nyaman yang diwujudkan melalui konsistensi penerapan protokol kesehatan pada seluruh lini operasi,” kata Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra dalam keterangan resminya, Senin (29/11/2021).

Baca Juga: Garuda dan Singapore Airlines Perkuat Kerja Sama Komersial

Sejalan dengan implementasi kebijakan jalur perjalanan vaksinasi yang dilaksanakan mulai 29 November 2021, Irfan mengatakan Garuda Indonesia juga terus memperkuat kesiapan aspek operasional penunjang utamanya melalui konsistensi penerapan protokol kesehatan pada seluruh lini layanan penerbangan yang bersama dengan stakeholders kebandarudaraan lainnya.

Ia meyakini kunci penting dalam kesuksesan implementasi program jalur perjalanan vaksinasi ini adalah fokus tata kelola penerapan protokol kesehatan yang patut dilakukan secara end to end dengan ditunjang oleh infrastruktur layanan penerbangan yang adaptif.

“Momentum implementasi jalur perjalanan vaksinasi ini menjadi sinyal positif bagi industri penerbangan global untuk terus berakselerasi memaksimalkan upaya pemulihan kinerjanya,” kata Irfan.

Baca Juga: Garuda Indonesia Optimalkan Layanan Kargo Ekspor

Adapun Kriteria pelaku perjalanan yang bisa menikmati layanan VTL ini antara lain:

- Tinggal minimal 14 hari di negara yang termasuk dalam negara VTL, termasuk Indonesia
- Melakukan perjalanan dengan penerbangan VTL (GA 836)
- Memiliki sertifikat vaksin dengan dosis lengkap (kecuali untuk anak-anak di bawah usia 12 tahun, diizinkan terbang bersama orang dewasa yang telah divaksin dengan dosis lengkap)
- Memiliki hasil tes PCR Covid-19 dengan hasil negatif, diambil dalam kurun waktu 48 jam sebelum keberangkatan
- Ketika tiba di Bandara Changi, Singapura dites lagi dengan PCR dan melakukan isolasi mandiri di tempat kediaman masing-masing sampai hasil tes keluar



Penulis: Herman / FER
Sumber: BeritaSatu.com

#Garuda Indonesia #Penumpang Pesawat #VTL #Jalur Perjalanan Vaksinasi #Beritasatu Bisnis

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Kapolri Sambut Baik Penandatanganan Perjanjian Ekstradisi Indonesia-Singapura

Raih Pendanaan US$ 72 Juta, Darwinbox Kini Jadi Unicorn

Hoax, Permen Yupi Terbuat dari Minyak Babi

Kapuas Prima Coal Incar Penjualan Bertambah US$ 43 Juta

Kembangkan Layanan, Bank Aladin Dilatih Tim Google

Optimistis Pandemi Berlalu, Komunitas Sepak Bola Gelar Nobar Keliling

IPO, Saham Net TV Tercatat di BEI

IHSG Berbalik Melemah di Akhir Sesi I

Sudah Lebih 10.000 Kasus, Ini yang Baru Diketahui tentang Subvarian BA.2

2021, KPK Tangkap 123 Tersangka dengan Pengembalian Negara Rp 416,9 M

BERITA TERPOPULER