Catat! 4 Kunci Penting untuk Capai Finansial Sehat

Jakarta, Beritasatu.com - Memiliki kondisi finansial sehat menjadi salah satu resolusi yang ingin diwujudkan banyak orang, terlebih lagi bagi kalangan generasi milenial.

Berdasarkan riset dari OCBC NISP Financial Fitness Index, ternyata 85,6% generasi milenial Indonesia belum memiliki kondisi finansial yang sehat dan hanya 16% yang memiliki anggaran dana darurat.

Baca Juga: Green Investment, Saham Incaran Investor Milenial dan Gen Z

Public Relations Manager Qoala Ricky Alexander Samosir menyampaikan, selain meningkatkan kualitas hidup, kesehatan finansial juga menjadi faktor penentu kemampuan keuangan kita di masa depan.

"Jika kita sudah mengatur keuangan dengan baik sejak dini, kedepannya kita dapat terhindar dari risiko keuangan yang tidak diinginkan," kata Ricky dalam keterangannya, Sabtu (8/1/2022).

Baca Juga: Tips Investasi Saham Bagi Pemula

Sebenarnya, lanjut Ricky, untuk mencapai finansial sehat bukan perkara yang sulit. Dibutuhkan pemahaman dan pengetahuan yang tepat agar dapat membantu para milenial mampu meningkatkan kondisi finansial. Berikut empat tips cerdas untuk  memiliki finansial sehat.

Pahami piramida keuangan
Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memahami bagaimana perencanaan keuangan dilakukan dan apa saja yang perlu disiapkan. Mempelajari piramida keuangan dapat membantu Anda untuk mengetahui apa saja prioritas kita dalam hal keuangan. Mulai dari dana darurat hingga investasi, semua diatur sesuai tingkatan masing-masing dalam piramida keuangan.

Mengatur keuangan sesuai keperluan
Pahami perbedaan antara keinginan dan kebutuhan. Hal ini berguna agar uang yang kita keluarkan sesuai dengan yang kita perlukan. Catat terlebih dahulu dan hitung dengan benar pengeluaran Anda setiap bulannya. Hal ini membantu Anda menentukan apa saja pengeluaran wajib dan tidak wajib untuk kemudian disesuaikan dengan kebutuhan dan pendapatan.

Gunakan metode 50:30:20
Anda bisa menggunakan metode rumus 50:30:20 untuk membantu mengatur pengeluaran. Metode ini membagi pendapatan bersih menjadi tiga bagian. Anda harus menyisihkan 50% dari pendapatan untuk kebutuhan sehari-hari dan juga tagihan wajib. Sisihkan 30% dari pendapatan untuk hiburan dan keinginan lainnya supaya Anda tetap bisa memiliki bersenang-senang sambil mengelola keuangan dengan baik. Sisihkan lagi 20% dari pendapatan untuk tabungan dan investasi. Hal ini bisa dalam bentuk dana darurat, asuransi, ataupun dana pensiun.

Persiapkan proteksi masa depan
Salah satu poin penting dalam perencanaan keuangan yang sehat adalah memiliki proteksi asuransi. Selain memberikan ketenangan pikiran, asuransi memberikan jaminan di masa depan bagi perlindungan terhadap diri sendiri maupun aset yang Anda miliki. Asuransi di sini tak hanya soal kesehatan, tapi bisa juga asuransi pendidikan, asuransi kendaraan, asuransi rumah, atau asuransi lainnya yang sesuai dengan kebutuhan.

 



Penulis: Herman / FER
Sumber: BeritaSatu.com

#Finansial Sehat #Qoala #Insurtech #Generasi Milenial #Beritasatu Bisnis

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Panitia: Iklan Bir di Formula E Jakarta Sponsor Global FEO

Data Kasus Positif dan Kematian Covid-19 di Jakarta sampai 26 Mei 2022

Data Penerima Vaksin Covid-19 sampai 26 Mei 2022

Hepatitis Akut Dapat Dicegah, Waspadai Gejala Awal Ini

Sahroni: Tiket Termurah Formula E Terjual 45 Persen

Hadapi Cacar Monyet, Inggris Beli 20.000 Dosis Vaksin

Data Kasus Aktif Covid-19 sampai 26 Mei 2022

Data Prevalensi Tertinggi Covid-19 di 10 Provinsi pada 26 Mei 2022

Dukung Platform dan UMKM, Menkominfo: Kami Terus Bangun Infrastruktur Digital

Flash Coffee Suarakan Manfaat Cloud Computing bagi Kemajuan Usaha

BERITA TERPOPULER