Teten Sebut Presidensi G-20 Momentum UMKM Unjuk Gigi

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, momentum Presidensi G-20 di Indonesia menjadi kesempatan besar bagi koperasi maupun UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) untuk unjuk gigi dalam mempromosikan produknya.

Teten mengatakan, Kementerian Koperasi dan UKM melalui Smesco Indonesia menggelar side event G20 yaitu Telkomsel Pasar Nusa Dua sebagai gelaran pertama promosi produk unggulan Indonesia.

"Side event G-20 yang ditugaskan kepada kami ini ingin kami gunakan sampai nanti KTT November 2022 sebagai momentum ajang promosi produk koperasi dan UMKM,” kata Teten lewat keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Sabtu (7/5/2022).

Baca Juga: BNI Bantu UMKM Indonesia di Amerika Serikat untuk Tumbuh

Teten menjelaskan, pihaknya hendak mempromosikan produk artisan yang sudah dikurasi dengan baik sebagai upaya mendorong UMKM siap bersaing di pasar global. Beberapa produk unggulan itu di antaranya kuliner, wellness, dan fesyen.

Menurut dia, keunggulan produk artisan ialah mampu memenuhi minat masyarakat, memiliki keunikan, dan tidak diproduksi secara massal.

"Saya sudah keliling Indonesia dan produk UMKM tidak kalah dengan produk industri, malah produk custom dan ini jadi keunggulan karena barangnya langka kan. Jadi semakin langka semakin bagus,” ungkap dia.

Baca Juga: Dukungan Turki ke Presidensi G-20 Indonesia Beri Dampak Positif

Teten mengharapkan ajang promosi dalam rangkaian kegiatan Presidensi G-20 dapat mewujudkan kehadiran UMKM sebagai kekuatan utama ekonomi Indonesia.

Selain memanfaatkan kekayaan budaya dan seni sebagai sumber kekuatan usaha mikro, Menkop juga bakal menyiapkan masa depan yang berbasis inovasi dan teknologi.

"Road map-nya sudah ada, ini sudah kita siapkan dan sekarang tinggal kita bentuk kolaborasi dengan semua pihak," kata Teten.

[#pagebreak#]

Pada kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan dirinya akan mengajak para pengusaha dari berbagai negara di forum B20 (forum dialog resmi G-20 dengan komunitas bisnis global) untuk melihat usaha mikro di Indonesia.

Baca Juga: Teten Masduki Sebut Kekuatan Ekonomi UMKM Kurang Diperhitungkan

"Saya juga tadi zoom talk dengan pemerintah Tiongkok dan membicarakan UMKM. Jadi bukan hanya bikin makanan saja, tapi juga high tech, bahkan mobil listrik juga kita akan bicarakan. Semua akan merata dan saya pikir mari kita besarkan bersama,” ungkap Menko Marves.



Penulis:  / FER
Sumber: ANTARA

#UMKM #Teten Masduki #Presidensi G-20 #G-20 #Beritasatu Bisnis

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Tarif ke Taman Nasional Komodo Rp 3,75 Juta Bikin Resah

KPK Pertanyakan ICW yang Hanya Ungkit Harun Masiku

Transisi Pandemi, Perekonomian Nasional dan DKI Akan Melesat

Cakupan Rendah, Bulan Imunisasi Anak Nasional Digelar

UGM dan Kemenkominfo Kolaborasi KKN-PPM Literasi Digital

Saat Ahok, Bima Arya, dan Airin Berkelakar soal Pilkada DKI

Cara Klaim Asuransi Mobil kalau Terlibat Tabrakan Beruntun

Ratusan Tenaga Kesehatan Profesional Ditempatkan di Arab Saudi

Harganas Jadi Momentum Gotong Royong Atasi Stunting

Dorong Transaksi Cashless, Ini Program dari Bank BJB

BERITA TERPOPULER