Selamatkan Nyawa Eriksen Tim Medis Denmark Dapat Penghargaan UEFA

Istanbul, Beritasatu.com - Tim Medis Denmark di turnamen Euro 2020 dan kapten tim nasional Denmark Simon Kjaer mendapat penghargaan UEFA President’s Award 2021, di Istanbul, Turki, Kamis (26/8/2021).

Penghargaan tersebut merupakan penghormatan atas kontribusi vital mereka dalam membantu Christian Eriksen ketika gelandang Inter Milan berusia 29 tahun itu mengalami serangan jantung dan pingsan di lapangan, 12 Juni 2021.

Ketika itu Eriksen bermain dalam pertandingan penyisihan grup Euro 2020 melawan Finlandia di Parken Stadium, Kopenhagen.

Tim medis Denmark ketika itu merespons cepat dan memberikan perawatan darurat. Eriksen diresusitasi di lapangan. Kini Eriksen yang masih tercatat sebagai gelandang Inter Milan itu tengah menuju pemulihan.


Pertolongan pada Christian Eriksen

Sedangkan sang kapten, Simon Kjaer berbagi kehormatan atas reaksinya segera membantu Eriksen serta untuk kualitas kepemimpinan yang luar biasa yang dia tunjukkan.

Bek AC Milan berusia 32 tahun itu adalah salah satu orang pertama yang menolong Eriksen.

Dia menempatkan Eriksen dalam posisi pemulihan, memulai prosedur CPR awal, memimpin para pemain Denmark membentuk cincin pelindung di sekitar Eriksen yang sedang ditangani tim medis, serta menghibur pasangan Eriksen.


Presiden UEFA Aleksander Ceferin

"Saya tetap bersyukur atas kualitas kepemimpinan yang patut dicontoh dan keberanian luar biasa yang ditunjukkan kapten Denmark, Simon Kjær, dalam situasi yang paling kritis ini," kata Presiden UEFA, Aleksander Ceferin.

Penerima UEFA President’s Award 2021:
Tim Medis Bertugas:
Mogens Kreutzfeldt (kepala petugas medis)
Frederik Flensted (manajer medis stadion)
Anders Boesen (dokter darurat di pinggir lapangan)
Peder Ersgaard (paramedis)

Petugas Medis Venue UEFA:
Jens Kleinefeld
Valentin Velikov

Tim Medis Timnas Denmark:
Morten Skjoldager (fisioterapis pendamping tim dokter)
Morten Boesen (dokter tim)
Simon Kjaer (kapten timnas Denmark)

Ceferin menggambarkan para penerima penghargaan sebagai pahlawan sejati Euro 2020.

Tindakan pera peraih penghargaan itu diakui sebagai pencapaian yang luar biasa, keunggulan profesional, dan kualitas pribadi yang patut dicontoh.

“Sungguh suatu kehormatan besar bagi saya untuk mempersembahkan penghargaan ini kepada mereka. Tahun ini, UEFA President’s Award melampaui batas sepak bola," katanya.


Kapten Timnas Denmark di Euro 2020, Simon Kjaer.

Momen ini, menurut Ceferin, berfungsi sebagai pengingat penting dan abadi tentang betapa berharganya hidup dan menempatkan segala sesuatu dalam hidup manusia ke dalam perspektif yang paling jelas.

"Saya juga ingin mengirimkan harapan terbaik saya kepada Christian Eriksen dan keluarganya saat dia melanjutkan pemulihannya," ujar Ceferin.

Sementara itu, seperti dikutip dari situs UEFA, Christian Eriksen menyampaikan terima kasih.

Baca Juga: Pastikan Kelanjutan Karier, Christian Eriksen Akan Jalani Uji Medis di Inter

“Anda melakukan pekerjaan yang fantastis dan menyelamatkan hidup saya. Juga terima kasih yang sebesar-besarnya kepada teman dan kapten saya Simon dan rekan satu tim saya di tim Denmark atas dukungan kalian, baik pada 12 Juni dan sesudahnya,” katanya.

UEFA President’s Award tahun ini merupakan penghargaan yang pantas untuk staf medis yang berada di lokasi pada pertandingan Euro di Kopenhagen, baik untuk keahlian mereka dan penerapan pelatihan spesialis yang telah mempersiapkan mereka untuk insiden semacam itu.

Baca Juga: Operasi Sukses, Eriksen Tinggalkan Rumah Sakit

Eriksen diresusitasi melalui penerapan teknik cardiopulmonary resuscitation (CPR) dan defibrilator sebelum dia ditandu dan dibawa ke rumah sakit.

"Kami bergegas ke lapangan untuk membantu (Eriksen) dan melakukan pekerjaan kami. Kami melakukan apa yang seharusnya kami lakukan, apa yang diajarkan kepada kami, apa yang kami dilatih untuk melakukannya. Kami tidak emosional di tempat kejadian. Setelah itu, kami tentu saja, seperti semua orang. Kami sangat senang dan bangga dengan hasilnya," kata Mogens Kreutzfeldt.



Penulis: Dwi Argo Santosa / DAS
Sumber: UEFA

#UEFA #Christian Eriksen #Tim Medis Denmark #Euro 2020 #Peghargaan UEFA

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Tabrakan Maut Antarbus, Wagub Riza Sebut Tidak Mudah Jadi Sopir Transjakarta

Asproksi Bekasi Diharapkan Berkontribusi Tingkatkan Standar Produk Kesehatan

Sejalan Mata Uang Asia, Awal Perdagangan Rupiah Melemah 20 Poin

Cerita Bima Arya Minta Tips Bangun Kota Bahagia ke Dubes Finlandia

Bisnis Makanan dan Minuman Rendah Kalori Mampu Bertahan Saat Pandemi

Pagi dan Sore Ini Jakarta Diguyur Hujan

BPBD Minta Warga Laporkan Bila Ada Bencana yang Terjadi di Kota Tangerang

Kemtan Raih Penghargaan Tertinggi Keterbukaan Informasi Publik 2021

Pemkot Tangerang Uji Coba Penerapan PeduliLindungi di Dua Pasar Tradisional

IHSG Cenderung Flat di Sekitar Garis Datar pada Awal Sesi

BERITA TERPOPULER