Tiongkok Kembangkan Robot Bionik Terbesar di Dunia

Beijing, Beritasatu.com- Tiongkok mengembangkan robot bionik terbesar di dunia. Seperti dilaporkan RT, Jumat (21/1/2022), mesin berkaki empat yang kekar ini dilaporkan dapat digunakan untuk pengiriman dan pengintaian di medan yang sulit.

“Robot bionik quadrupedal bertenaga listrik baru masih dikembangkan oleh Tiongkok yang diduga terbesar dan terberat dari jenisnya. Robot ini dirancang untuk membantu pengiriman dan operasi pengintaian dalam kondisi kompleks yang dianggap terlalu berisiko bagi tentara manusia,” seperti yang diungkapkan oleh Chinese Central Television (CCTV).

Menurut laporan dan rekaman bot, perangkat berkaki empat yang kekar - dijuluki "yak mekanis" - berdiri hampir setinggi pria dewasa dan dapat membawa beban hingga 160 kilogram saat berlari dengan kecepatan hingga 10 kilometer per jam.

Baca Juga: Arab Saudi Kerahkan Robot Pintar untuk Bagikan Air Zamzam

Meski digambarkan sebagai robot bionik terberat di dunia, mesin tersebut kabarnya dapat berlari maju mundur, berputar, melompat, berlari cepat, dan berjalan secara diagonal. Menurut CCTV, perangkat ini dirancang untuk melintasi medan yang sulit seperti tebing, parit, salju, gurun, dan jalan berlumpur.

Robot bionik ini dilaporkan dilengkapi dengan sensor berteknologi tinggi untuk memantau sekelilingnya, dan dapat digunakan untuk operasi pengintaian di zona pertempuran berisiko tinggi dan lingkungan yang keras. Penggunaan lain yang mungkin adalah pengiriman berbagai kargo, seperti amunisi dan perbekalan, ke daerah terpencil dan wilayah terjal yang tidak dapat diakses oleh kendaraan konvensional.

"Yak mekanis" diduga bukan robot bionik tingkat militer pertama yang dikembangkan di Tiongkok. Mesin berkaki empat lainnya yang diungkap media Tiongkok adalah anjing mekanik yang dijuluki Geda.

Baca Juga: Robot Pelayan di Restoran Tampilkan Sisi Modern Irak

Robot Geda dilaporkan memiliki berat 32 kilogram, dapat membawa hingga 40 kilogram muatan dan memahami perintah suara, serta menggunakan pengenalan wajah. Geda dilaporkan telah lulus tes di medan yang sulit seperti jalan berbatu, hutan, dan jembatan sempit.

Pemerintah Tiongkok tampaknya telah mengarahkan pandangannya pada negara itu untuk menjadi pemimpin global dalam robotika pada tahun 2025. Para pejabat pada akhir tahun 2021 mengumumkan rencana lima tahun baru untuk meningkatkan pertumbuhan sektor robotikanya.



Penulis: Unggul Wirawan / WIR
Sumber: BeritaSatu.com

#Tiongkok #Robot Bionik #Anjing Mekanik #Pengintaian

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Mahasiswa UMB Perkenalkan Public Speaking ke Siswa SMK

Terobosan Ketua BTN Tingkatkan Prestasi Esport Indonesia

Kedekatan Erick Thohir dengan NU, Ini Pandangan Pengamat

Pekan Ini Mobil Formula E Bakal Dipamerkan di Bundaran HI

Jepang Buka Kembali Negaranya untuk Turis dari 36 Negara

Teaser Film Horor Jagat Arwah Sedot 1,4 Juta Penonton

Panitia: Iklan Bir di Formula E Jakarta Sponsor Global FEO

Data Kasus Positif dan Kematian Covid-19 di Jakarta sampai 26 Mei 2022

Data Penerima Vaksin Covid-19 sampai 26 Mei 2022

Hepatitis Akut Dapat Dicegah, Waspadai Gejala Awal Ini

BERITA TERPOPULER