Dubes Eropa untuk Inggris: Tak Ada Perang Vaksin

London, Beritasatu.com- Duta besar Uni Eropa (UE) untuk Inggris. João Vale de Almeida mengatakan tidak ada perang vaksin antara Uni Eropa (UE) dan Inggris. Kepada France24, Sabtu (17/4/2021), UE masih menjadi pengekspor vaksin Covid-19 terbesar di dunia.

Meskipun menyetujui mekanisme untuk memblokir ekspor vaksin dalam beberapa keadaan, De Almeida menegaskan bawah musuh bersama UE dan Inggris adalah virus corona. Mekanisme itu telah mendorong Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab untuk menuduh Uni Eropa telah melakukan aksi politik berbahaya.

Tetapi Duta Besar Vale de Almeida menegaskan bahwa Inggris berada di jalur yang tepat untuk mencapai tujuan vaksinasi.

Baca Juga: WHO: Eropa Lampaui Satu Juta Kasus Kematian Akibat Covid-19

"Itu bagus karena Anda hanya terlindungi sepenuhnya jika negara tetangga Anda terlindungi sepenuhnya. Jadi, sukses di Inggris baik untuk kami. Kami [di UE] khawatir tentang kekerasan tersebut, kami mengutuk kekerasan tersebut, kami mengimbau diakhirinya kekerasan dan kami mengikutinya dengan sangat penuh perhatian. Kami juga membahas kekerasan baru-baru ini di Irlandia Utara," kata duta besar.

Duta Besar Vale de Almeida mengatakan bahwa UE berkomitmen untuk menemukan solusi praktis untuk masalah yang diangkat oleh Protokol Irlandia Utara.

Baca Juga: Menlu Minta Inggris Berbagi Vaksin Covid-19 dengan Negara Lain

“Kami perlu menemukan mereka secara konsensual dengan teman-teman Inggris kami, tidak secara sepihak seperti yang kadang-kadang dipilih oleh pemerintah Inggris,” ujarnya.

Duta Besar menepis kekhawatiran tentang pemerintah Inggris yang memilih untuk tidak memberinya status diplomatik penuh dan kekebalan - satu-satunya pemerintahan di dunia yang melakukannya.

"Fokus kami adalah pada kualitas hubungan kami. Saya percaya bahwa bahkan setelah perceraian, Inggris Raya dan UE memiliki banyak kesamaan,” ujarnya.



Penulis: Unggul Wirawan / WIR
Sumber: BeritaSatu.com

#Uni Eropa #Inggris #Vaksin Covid-19

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Sundulan Kiper Alisson Jaga Asa Liverpool Lolos ke Liga Champions

Lusa, MKD DPR Gelar Pleno Bahas Azis Syamsuddin

Tahanan BNN Sumut Kabur Setelah Siram Petugas dengan Air Cabai

Pengganti Zidane, Nama Raul dan Joachim Low Masuk Daftar

Puncak Pergerakan Pengguna KRL Masa Libur Lebaran pada Siang Hari

Enam Desa di Aceh Tenggara Diterjang Banjir Bandang

Lima Gol di Selhurst Park, Palace Tumbangkan Villa

Menengok Penampilan Masa Muda Crazy Rich asal Malang

Babak I, West Bromwich vs Liverpool Bermain Imbang

Banjir di Nagan Raya, Ratusan Rumah di 6 Desa Masih Terendam

BERITA TERPOPULER