Bank Dunia dan Uni Afrika Distribusikan Vaksin Covid-19

Addis Ababa, Beritasatu.com- Bank Dunia (WB) dan Tim Tugas Akuisisi Vaksin Covid-19 Afrika (AVATT) dari Uni Afrika (UA) pada Senin (14/6/2021) mengumumkan keputusan kerja sama mendistribusikan vaksin untuk 400 juta orang Afrika.

Seperti dilaporkan Xinhua, kerja sama ini terjadi setelah presiden Bank Dunia, David Malpass, bertemu dengan AVATT untuk membahas cara-cara mempercepat penyebaran vaksin ke Afrika, menurut pernyataan bersama oleh Komisi Ekonomi PBB untuk Afrika (UNECA).

AVATT sebelumnya telah mengamankan hingga 400 juta dosis vaksin tunggal Covid-19 Johnson & Johnson dengan dukungan Bank Ekspor-Impor Afrika (Afreximbank).

WB dan AVATT menekankan pentingnya negara-negara mendapatkan dosis yang cukup secepat mungkin dan dengan cara yang terjangkau, menurut pernyataan itu.

Baca Juga: Afrika Selatan Masuk Gelombang Covid-19 Ketiga

Vaksin Covid-19 sangat penting untuk mencapai tujuan memvaksinasi setidaknya 60% orang Afrika, kata John Nkengasong, direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Afrika (CDC Afrika) dan anggota AVATT.

Benedict Oramah, presiden Afreximbank, mengatakan banknya dapat membantu menempatkan Afrika dalam posisi negosiasi dengan produsen dalam menegosiasikan pengadaan vaksin. Afreximban memberikan jaminan US$ 2 miliar (Rp 28,4 triliun) atas nama negara-negara anggota UA.

Di bawah struktur AVATT, negara-negara anggota UA dialokasikan vaksin sesuai dengan ukuran populasi mereka melalui mekanisme pengadaan gabungan.

Begitu vaksin tiba di seluruh Afrika, upaya tambahan akan diperlukan untuk mendukung penyebarannya, yang mencakup distribusi di dalam negeri (logistik dan penyimpanan sesuai dengan persyaratan rantai dingin), mengamankan sistem, kapasitas, dan kemampuan yang diperlukan untuk vaksinasi.

Baca Juga: Uganda Tetap Gunakan Vaksin Covid-19 Astrazeneca

Hingga Senin malam, menurut CDC Afrika, jumlah kasus Covid-19 yang dikonfirmasi di Afrika telah mencapai 5.049.036, dengan 134.818 kasus kematian dan 4.524.651 pemulihan.

"Negara-negara Afrika sejauh ini telah memperoleh sekitar 54,9 juta vaksin Covid-19, yang dapat mencakup sekitar 2,1% populasi di tingkat benua," kata CDC Afrika.

Sekitar 35,9 juta dosis Covid-19 telah diberikan di seluruh benua, terhitung sekitar 65% dari total pasokan yang tersedia di Afrika.

Dengan akses minimal ke vaksin Covid-19 di seluruh benua, angka terbaru menunjukkan bahwa hanya sekitar 0,6 persen populasi Afrika yang telah menerima rejimen vaksin lengkap.



Penulis: Unggul Wirawan / WIR
Sumber: BeritaSatu.com

#Bank Dunia #Uni Afrika #Vaksin Covid-19 #Covid-19

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Pfizer dan Moderna Naikkan Harga Vaksin Covid-19 untuk Eropa

Operasi Yustisi, Petugas Gabungan Sasar Tempat Hiburan Malam

DPRD Palu Desak Kepolisian dan TNI Lakukan Operasi Khusus Cegah Kenaikan Obat Covid-19

Wali Kota Surabaya Imbau Warga Kibarkan Bendera Merah Putih Sebulan Penuh

Anies Apresiasi Kontribusi Bank DKI Dukung Penanganan Covid-19

Zikir dan Doa Kebangsaan, Jokowi Doakan Indonesia Menang Lawan Covid-19

Banjir di Afganistan, 113 Orang Tewas dan Puluhan Hilang

Airlangga Hartarto Dinilai Penuhi Syarat Maju Capres 2024

Penumpang Wajib Gunakan Aplikasi PeduliLindungi di Bandara AP II

Gubernur Maluku Berbelasungkawa Atas Wafatnya Bupati Seram Bagian Barat

BERITA TERPOPULER