Itjen Kemhub Klaim Selamatkan Uang Negara Rp 1,12 T

Jakarta - Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Perhubungan (Kemhub) menyatakan telah menyelamatkan uang negara Rp 1,12 triliun dari hasil audit sampai dengan 2015. Uang negara yang diselamatkan tersebut terdiri atas Rp 756,48 milliar yang telah disetor ke kas negara oleh masing-masing unit kerja dan Rp 360,63 milliar pengembalian dari hasil tindak lanjut BPK.

Inspektur Jenderal (Irjen) Kemhub Chris Kuntadi mengatakan, keberhasilan penyelamatan uang negara ini merupakan bukti kepatuhan audit di kementerian untuk menindaklanjuti temuan Itjen dan BPK.

“Saya harapkan semua unit kerja di lingkungan Kementerian Perhubungan taat azas administrasi keuangan, karena ini menjadi salah satu faktor pendukung program Reformasi Birokrasi menuju good governance sesuai Nawa Cita,” kata Cris Kuntadi dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (13/4).

Prestasi lain yang telah diraih Itjen Kemhub, lanjut dia, pada 2015 telah menindaklanjuti temuan BPK di atas rata-rata nasional. Nilai rata-rata tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK skala nasional yaitu yang telah selesai ditindaklanjuti sebanyak 34,90%, dalam proses 35,60%, dan yang belum ditindaklanjuti 29,5%. Sementara itu Kemhub telah berhasil menindaklanjuti rekomendasi BPK dengan rincian yang telah selesai ditindaklanjuti sebanyak 81,69%, dalam proses 18%, dan yang belum ditindaklanjuti adalah 0,31%.

“Dari rincian capaian tindak lanjut tersebut Kemhub berhasil melampaui nilai rata-rata nasional yaitu tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK Semester II pada 31 Desember 2015 sebanyak 520 temuan yang selesai ditindaklanjuti, 115 dalam proses, dan dua yang belum ditindaklanjuti,” ungkap Cris Kuntadi.

Selain menindaklanjuti temuan BPK, Itjen Kemhub juga ditugaskan oleh Menteri Perhubungan untuk melakukan review terhadap kegiatan unit kerja di lingkungan Kemhub yang besarannya di atas Rp 10 milliar. Dari kegiatan review selama bulan Januari sampai Maret 2016 ini, keuangan negara yang dapat dihemat sebesar Rp 798,57 miliar.

Terhadap penghematan ini, Cris Kuntadi mengapresiasi unit kerja eselon I yang telah memangkas anggaran biaya kegiatannya sesuai dengan hasil review Itjen. Penghematan di masing-masing unit kerja eselon I tersebut yaitu Direktorat Jenderal Perhubungan Darat sebesar Rp 10,16 milliar, Direktorat Jenderal Perkeretaapian sebesar Rp 327,75 milliar, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut sebesar Rp 313,95 milliar, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara sebesar Rp 73,71 milliar, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan sebesar 72,96 milliar, serta Badan Penelitian dan Pengembangan sebesar Rp 0,04 milliar.

Tindak lanjut hasil audit BPK, review kegiatan masing-masing unit kerja dan penghematan uang negara merupakan wujud dari fokus kerja Menteri Perhubungan untuk terus meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik yang bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme. Hal tersebut juga sejalan dengan Nawa Cita Presiden Joko Widodo yang menolak negara lemah dengan melakukan reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas korupsi, bermartabat, dan terpercaya. 

Penulis: Tri Murti / MUR
Sumber: Investor Daily

#Itjen #Kemhub #Klaim #Selamatkan #Uang #Negara #Rp 1 #12 T

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Asuransi Jiwasraya Pernah Punya Deposito dan Aset Rp 5 T

Sektor Perbankan Mendorong Bursa Eropa Menguat

Wall Street Ditutup Menguat

Usai 18 Tahun Penjara, Ety Toyyib Harus Menginap 2 Pekan di Wisma Atlet

Buntut Rhoma Irama Pentas di Bogor, Tes Cepat Covid-19 Digelar Massal

Industri Pariwisata Membuka Diri dengan Protokol CHS

Pertama Kali, Pevita Pearce Menjadi Penyiar

Digandeng UEA dan Tiongkok, RI Berpeluang Memproduksi Vaksin Covid-19

Kemdikbud Adakan Kemah Karakter Virtual

Kota Depok Lampaui Target Perolehan Akseptor KB

BERITA TERPOPULER