Sempat Terhambat Pandemi, Ekspor Paraffin Wax Kembali Bergairah

Jakarta, Beritasatu.com - Pandemi Covid-19 sepanjang 2020 cukup menghambat laju ekspor berbagai produk di dunia. Salah satu yang terkena imbasnya adalah industri paraffin wax

Diketahui, paraffin wax merupakan produk multimanfaat yang diperlukan oleh berbagai industri. Mulai dari industri lilin, ban, batik, balsem, pemberantas hama, hingga kosmetika.

Saat ini, Indonesia memiliki PT Kirana Mitraabadi yang merupakan produsen paraffin wax dalam negeri sejak 2010. Tak hanya memenuhi kebutuhan dalam negeri, PT Kirana Mitraabadi juga mengekspor paraffin wax ke berbagai negara.

Tak heran jika perusahaan ini merasakan dampak pandemi tersebut. Aktivitas ekspor mereka cukup terganggu karena pandemi.

Baca Juga: ECS Targetkan Transaksi Ekspor UMKM US$ 64 Juta

Padahal, ekspor PT Kirana Mitraabadi bisa dianggap sangat strategis sebab produknya merupakan salah satu elemen hilirisasi penting bagi produk Pertamina. Produk olahannya yang diekspor menjadi wujud pertambahan nilai bagi produk Pertamina. Akibat pandemi, terhambat pula aliran ekspor bernilai tambah dari Indonesia.

"Cukup menjadi hambatan ya pandemi ini pada 2020. Ekspor kami sempat terhenti. Permintaan dari beberapa negara tak bisa kami penuhi karena persoalan regulasi pad amasa pandemi di negara yang bersangkutan, ketersediaan pengiriman, serta biaya kirim yang tinggi," papar Direktur Utama PT Kirana Mitraabadi, Edo Lesmana, dalam keterangan yang diterima Beritasatu.com, Selasa (13/4/2021).

Untungnya, sejak awal 2021, alur ekspor mulai bergerak kembali. Segala rintangan, termasuk biaya pengiriman, mulai mendekati titik normal. Beberapa industri dari beberapa negara langsung mengirimkan pesanan. Banyak industri domestik pun tak beda.

Sebelumnya, paraffin wax biasanya diimpor dari Tiongkok. Industri-industri di Indonesia selama ini mengimpor paraffin wax dari Negeri Tirai Bambu. Kehadiran PT Kirana Mitraabadi sejak 2010 cukup menekan angka impor komoditas multiguna tersebut dengan memenuhi kebutuhan dalam negeri.

"Kami berharap kehadiran kami mampu membantu pemerintah dan bangsa Indonesia untuk memenuhi kebutuhan domestik sehingga mampu menekan impor. Kami bahkan sudah mampu memenuhi permintaan global sehingga mampu meningkatkan volume ekspor dari Indonesia," jelas Edo.

Hingga kini, PT Kirana Mitraabadi telah mengekspor paraffin wax dan produk-produk turunannya ke Amerika Utara dan Selatan, Eropa, Asia, Australia, dan bahkan Afrika. Pada 2021 ini, paraffin wax produksi mereka mulai mengalir kembali ke benua-benua tersebut.



Penulis: Irawati D Astuti / IDS
Sumber: BeritaSatu.com

#Paraffin Wax #Parafin #Lilin #Pertamina #Pandemi Covid-19

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Sundulan Kiper Alisson Jaga Asa Liverpool Lolos ke Liga Champions

Lusa, MKD DPR Gelar Pleno Bahas Azis Syamsuddin

Tahanan BNN Sumut Kabur Setelah Siram Petugas dengan Air Cabai

Pengganti Zidane, Nama Raul dan Joachim Low Masuk Daftar

Puncak Pergerakan Pengguna KRL Masa Libur Lebaran pada Siang Hari

Enam Desa di Aceh Tenggara Diterjang Banjir Bandang

Lima Gol di Selhurst Park, Palace Tumbangkan Villa

Menengok Penampilan Masa Muda Crazy Rich asal Malang

Babak I, West Bromwich vs Liverpool Bermain Imbang

Banjir di Nagan Raya, Ratusan Rumah di 6 Desa Masih Terendam

BERITA TERPOPULER