Ikatan Pilot Indonesia Minta Syarat Naik Pesawat Cukup Antigen

Jakarta, Beritasatu.com - Ikatan Pilot Indonesia (IPI) meminta pemerintah mengubah syarat naik pesawat menjadi cukup dengan tes rapid antigen saja tak perlu hingga tes PCR. Hal itu juga sebagaimana yang diterapkan pada moda transportasi selain udara.

"Sejalan dengan usaha pencegahan penyebaran Covid-19 di Indonesia, kami mengharapkan adanya kebijakan yang lebih meringankan persyaratan penumpang pesawat dengan menjadikan tes antigen sebagai syarat untuk melakukan perjalanan," kata Ketua IPI Capt Iwan Setyawan dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (26/10/2021).

Iwan menjelaskan, organisasi kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO), The International Air Transport Association (IATA), dan International Civil Aviation Organization (ICAO) juga menyatakan tes antigen memiliki akurasi yang baik, lebih murah, dan cepat memberikan hasil sehingga direkomendasikan untuk digunakan sebagai alat tes. Selain itu, pesawat komersial dilengkapi HEPA  sebagai filter terhadap virus.

Baca Juga: Kemenkes: Pemerintah Kaji Kembali Harga Tes PCR

"Penelitian juga menunjukkan bahwa rasio penularan di dalam pesawat udara sangat rendah serta didukung dengan penerapan protokol kesehatan ketat di bandara. Serta, telah di vaksinnya semua pekerja maupun penumpang transportasi udara, maka transportasi udara sangat aman dan mendukung pencegahan penyebaran Covid-19," imbuh Iwan.

Dia menjelaskan, menurunnya jumlah penumpang akibat pandemi berimbas pada berkurangnya jumlah penerbangan, pengurangan pengoperasian pesawat di beberapa maskapai indonesia, berkurangnya kebutuhan sumber daya manusia,
penundaan, pengurangan, pemotongan gaji, bahkan merumahkan dan pemutusan hubungan kerja.

Hal itu berujung pada kesejahteraan pekerja transportasi udara, baik itu sebagai pilot, awak kabin, teknisi, pengatur lalu lintas udara, petugas bandara, dan lain-lain.

Baca Juga: Ini Alasan Aturan Wajib Tes PCR untuk Penerbangan

"Menurut Ikatan Pilot Indonesia, transportasi udara semestinya mendapatkan prioritas untuk diutamakan pemulihannya," tegas Iwan.

 



Penulis: Thresa Sandra Desfika / FER
Sumber: Investor Daily

#Ikatan Pilot Indonesia #Tes PCR #Penumpang Pesawat #Syarat Naik Pesawat #Beritasatu Bisnis #Covid-19

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Meterai Elektronik Tawarkan Solusi Mudah Bayar Pajak

Turnamen IYC dan Soft Launching JIS Ditunda

PN Jaksel Tolak Adili Gugatan Sri Untari Bisowarno

Taliban Terbitkan Dekrit Perlindungan Hak Perempuan

Kapolri: Pertahankan Capaian Positif Penanganan Covid-19

Wapres Resmikan Monumen Pahlawan Covid-19 Jawa Barat

Meski Diadang Pandemi, Exquise Patisserie Tambah Gerai Baru

ERT Putra Perkasa Abadi Juara Umum IFRC 2021

PB ISSI Kirim Atlet Berlatih ke Swiss

Varian Omicron Mengancam Pemulihan Ekonomi Dunia

BERITA TERPOPULER