Harga PCR Sebaiknya di Bawah Rp 200.000 dan Diberlakukan di Semua Moda

Jakarta, Beritasatu.com  - Perhimpunan Profesi Pilot Indonesia (PPPI) menilai sebaiknya pemberlakuan wajib tes PCR berlaku kepada pengguna jasa semua moda transportasi baik darat, laut, dan udara. Namun harga PCR juga harus diturunkan di bawah Rp 200.000.

Ketua PPPI Capt Rizki Budimansyah Juzar mengungkapkan, pihaknya memahami pembatasan pergerakan masyarakat di semua moda transportasi menuju beberapa kota dengan level berbeda sangat dibutuhkan sebagai langkah pengendalian Covid-19. Adapun alat testing Covid-19 dalam kategori golden standard sesuai World Health Organization (WHO) adalah tes PCR.

Baca Juga: Jokowi Minta Harga Tes PCR Rp 300.000, Wamenkes: Kami Tindak Lanjuti

"Langkah antisipasi penyebaran virus Covid-19 di Indonesia akan menjadi lebih baik jika pemberlakuan tes PCR juga berlaku kepada pengguna jasa semua moda transportasi yang ada, baik darat, laut, dan udara," kata Rizki dalam keterangan resmi, Rabu (27/10/2021).

Namun dia menilai harga tes PCR saat ini masih tinggi bagi sebagian besar masyarakat pengguna jasa transportasi baik darat, laut, dan udara. Karena itu, PPPI mendorong kepada pemerintah untuk dapat menurunkan harga tes PCR hingga di bawah Rp 200.000. Selain itu, pemerintah harus memperketat jalur distribusi alat tes PCR dan memperluas jaringan penyedia jasa tes PCR yang mudah diakses oleh masyarakat pengguna jasa transportasi.

Baca Juga: Menkes: Tak Ada Subsidi Harga Tes PCR

Dia melanjutkan PPPI mengapresiasi pemerintah yang telah melakukan berbagai langkah mitigasi dan antisipasi dalam pencegahan penyebaran Covid-19. Dia berharap segala kebijaksanaan yang telah diterbitkan senantiasa dievaluasi mengikuti perkembangan yang melibatkan seluruh stakeholders transportasi.

"Kami mengimbau kepada seluruh pilot Indonesia pada khususnya dan seluruh insan transportasi pada umumnya untuk senantiasa mendukung kebijaksanaan yang berlaku, senantiasa berkontribusi dan menjaga profesionalitas selama menjalankan tugas," ujar Rizki.



Penulis: Thresa Sandra Desfika / WBP
Sumber: Investor Daily

#Harga PCR #Harga PCR Turun #Perhimpunan Pilot #PCR Penumpang Pesawat #Penumpang Pesawat #PCR Semua Moda Transportasi #Beritasatu Bisnis #PPPI #Tes PCR

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

PB ISSI Kirim Atlet Berlatih ke Swiss

Varian Omicron Mengancam Pemulihan Ekonomi Dunia

Prima Protect Plus Bagikan Paket Sanitasi untuk Mitra Grab

Brasil Sudah Vaksinasi Covid 90% Populasi

Pemberdayaan Masyarakat, PT TCM Gandeng ISSF

Bus Terbakar di Tol Semarang-Solo

Pemerintah Siapkan Bonus untuk Tim Piala Thomas 

Iran Nyatakan Tuntutan Kesepakatan Nuklir

Kongres JKPI Tetapkan 8 Ibu Kota Kebudayaan

Airlangga Apresiasi Polri Dukung Kebijakan Pemerintah

BERITA TERPOPULER