Raih Pendanaan US$ 72 Juta, Darwinbox Kini Jadi Unicorn

Jakarta, Beritasatu.com - Darwinbox, platform teknologi SDM (sumber daya manusia) meraih pendanaan US$ 72 juta dari sejumlah investor. Pendanaan ini membuat valuasi Darwinbox mencapai lebih dari US$ 1 miliar dan menjadikannya perusahaan unicorn.

Pendanaan ini dipimpin oleh Technology Crossover Ventures (TCV) bersama beberapa investor tetap, yakni Salesforce Ventures, Sequoia, Lightspeed, SCB 10X, JGDEV, Endiya Partners, dan 3One4Capital. Sejak penggalangan dana terakhir dari Salesforce Ventures 12 bulan yang lalu, Darwinbox telah bertumbuh sebesar 300% di Indonesia. Perusahaan memproyeksi pertumbuhan lebih besar tahun ini karena adanya peningkatan jumlah permintaan untuk solusi digital di tempat kerja pasca pandemi.

Didirikan pada akhir 2015, platform Human Capital Management (HCM) berbasis cloud milik Darwinbox melayani kebutuhan SDM di seluruh siklus hidup pengelolaan karyawan. Produk mutakhir mereka mendukung SDM digital bagi lebih dari 1,5 juta karyawan dari 650+ perusahaan di seluruh dunia. Perusahaan itu termasuk Tokopedia, Kopi Kenangan, Mitra Adiperkasa, Indorama, PT Chandra Asri Tbk, Sari Roti (Salim Group), Protelindo (Djarum Group), PT Pyridam Farma Tbk, PT Gunung Raja Paksi Tbk, Astra Life, Bina Karya Prima, dan STP Tower. Mereka juga melayani brand global terkemuka seperti Nivea, Starbucks, Dominos, T-Systems, AXA, Tokio, Cigna, dan lain-lain.

Co-Founder Darwinbox Jayant Paleti menjelaskan, investasi kali ini menegaskan misi Darwinbox untuk terus membangun teknologi yang memungkinkan berbagai organisasi mengeluarkan potensi terbaik karyawan mereka.

"Kami melakukan hal tersebut dengan membangun produk yang berfokus pada para karyawan dan menciptakan pengalaman berarti bagi mereka. Selama dua tahun terakhir, produk kami telah dikenal luas pada di dunia kerja yang juga terus berubah karena perusahaan harus memikirkan kembali bagaimana mereka dapat menarik, mempertahankan, dan mengelola karyawan mereka,” kata Jayant dalam keterangan resmi, Rabu (26/1/2022).

Mengenai strategi investasi produk mereka, Chaitanya Peddi, Product Head dan salah satu co-founder Darwinbox menjelaskan bahwa membangun produk yang cepat dan dapat memberikan pengalaman karyawan yang luar biasa adalah faktor utama yang menentukan kesuksesan bagi pengguna Darwinbox.

"Kami akan terus berinvestasi dalam teknologi baru dan inovatif untuk memberikan pengalaman yang mudah bagi karyawan yang bekerja dari mana saja," terang dia.



Penulis: Gita Rossiana / FMB
Sumber: Investor Daily

#Darwinbox #Unicorn #Startup #Beritasatu Bisnis #Technology Crossover Ventures

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Guardiola Ingin Manchester City Fokus Lawan Aston Villa

Cristiano Ronaldo Terancam Absen Lawan Crystal Palace

Data Kasus Positif dan Kematian Covid-19 di Jakarta sampai 21 Mei 2022

Data Penerima Vaksin Covid-19 sampai 21 Mei 2022

Kominfo Dorong Generasi Muda Kembangkan UMKM Melalui Platform Digital

Data Kasus Aktif Covid-19 sampai 21 Mei 2022

Ali Ghufron: Achmad Yurianto Berkontribusi Besar pada JKN

Data Prevalensi Tertinggi Covid-19 di 10 Provinsi pada 21 Mei 2022

Data Positivity Rate Covid-19 sampai 21 Mei 2022

Data Kesembuhan Terendah Covid-19 di 10 Provinsi pada 21 Mei 2022

BERITA TERPOPULER