Kominfo Dorong Generasi Muda Kembangkan UMKM Melalui Platform Digital

Jakarta, Beritasatu.com - Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendorong generasi muda mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah melalui platform digital. Demikian intisari dari kegiatan Ngobrol Bareng Legislator, Sabtu (21/5/2022).

Dalam kegiatan tersebut hadir sejumlah narasumber, seperti Hillary Brigitta Lasut selaku Anggota Komisi I DPR Fraksi NasDem, Natalia Lisa Maringka selaku Pengurus Garpu, dan Yelly Walasendow selaku akademisi/dosen. Ngobrol bareng mengambil tema Peran Generasi Muda Melalui Platform Digital Dalam Perkembangan UMKM secara hybrid melalui aplikasi zoom meeting dan Live Youtube.

Kegiatan dibuka dengan sambutan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Samuel A Pangerapan.

Baca Juga: Festival Kudus 2022 Perkenalkan Potensi Budaya dan UMKM

Dalam sambutannya Samuel menyampaikan bahwa pesatnya teknologi yang makin terpacu dengan adanya pandemi Covid-19 telah mendorong masyarakat untuk berinteraksi dan melakukan berbagai kegiatan aktivitas di ruang digital.

"Kehadiran teknologi digital sebagai bagian dari kehidupan bermasyarakat yang kian mempertegas bahwa kita sedang berada di era percepatan transformasi digital. Namun masifnya pengguna internet di Indonesia membawa berbagai risiko seperti penipuan online, hoax, cyber bullying, dan konten-konten negatif lainnya," ujar Samuel.

[#pagebreak#]

Kementerian Kominfo mengemban mandat dari Presiden Joko Widodo sebagai garda terdepan dalam memimpin upaya percepatan transformasi digital bangsa Indonesia.

Dalam mencapai visi dan misi tersebut Kementerian Kominfo memiliki peran sebagai regulator, fasilitator, dan akselerator di bidang digital di Indonesia.

Hillary Brigitta Lasut dalam pemaparannya menyampaikan, pada saat pandemi Covid-19 beberapa waktu yang lalu membuktikan bahwa UMKM menjadi suatu hal yang menarik bagi kalangan masyarakat.

Dengan UMKM dapat menjadi suatu pendorong ekonomi yang memiliki peran yang luar biasa.

Baca Juga: Produk UMKM Kalimantan Tuai Apresiasi Delegasi Y20

"Dengan adanya platform digital UMKM dapat berjalan dengan pesat. Mengapa demikian, karena dengan menggunakan platform digital maka segala bentuk produk akan dengan cepat terpublikasi dan tersebar dalam pasar yang lebih luas," ujar Hillary.

Hillary Brigitta Lasut juga mengharapkan para pelaku UMKM dapat diperkuat agar dengan adanya UMKM melalui platform digital dapat menjadi terobosan baru dalam meningkatkan semangat kalangan muda dalam membangun hal-hal seperti lapangan kerja melalui platform digital.

[#pagebreak#]

Yelly Walasendow dalam pemaparannya menyampaikan, dalam bermedia sosial memiliki 4 pilar kurikulum dalam modul literasi digital, di antaranya yaitu budaya dalam bermedia digital, aman dalam bermedia digital etis dalam bermedia digital, serta cakap dalam bermedia digital.

Yelly Walasendow juga menuturkan bahwa perkembangan UMKM di daerah Sulawesi Utara berkisar sekitar 168.000 UMKM dan UMKM di bawah binaan Garpu berkisar 500 UMKM.

Narasumber terakhir Natalia Lisa Maringka menuturkan, platform digital, tempat wadah atau sarana yang memfasilitasi bertemunya para pihak untuk saling bertukar informasi dalam berdagang dan mewanarkan jasa dan layanan.

Dengan kehadiran platform digital membuat seluruh kegiatan yang bisa dilakukan dalam satu tempat, yang langsung mempertemukan penjual dan pembeli.



Penulis: Bernadus Wijayaka / BW
Sumber: BeritaSatu.com

#Kominfo #Generasi Muda #UMKM #Platform Digital

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Sawit Sumbermas Sarana Raih Sindikasi Pinjaman Rp 3,6 T

Berantas Korupsi di BUMN, Langkah Erick Thohir Tuai Pujian

Legalisasi Ganja di Indonesia, Ini Respons Mabes Polri

Nikita Sebut Kepolisian Berbohong Terkait Penggerebekan Rumahnya

Singapura Laporkan Kasus Harian Covid-19 Tertinggi dalam 3 Bulan

Ganja Medis, Legislator: Sikapi dengan Kehati-hatian

Bukalapak Perkirakan EBITDA 2022 Datar Dibanding 2021

KSP: Kuota Hampir Habis, Pertalite dan Solar Harus Dibatasi

Kasus Korupsi E-KTP, KPK Panggil Eks Mendagri Gamawan

Rambah Pasar Indonesia, Defunc Rilis Empat Earbud Nirkabel

BERITA TERPOPULER