Sawit Sumbermas Sarana Raih Sindikasi Pinjaman Rp 3,6 T

Jakarta, Beritasatu.com - PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) menandatangani kesepakatan sindikasi pinjaman senilai Rp 3,6 triliun. Sindikasi tersebut dipimpin oleh PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dan juga PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) sebagai joint mandated lead arranger & bookrunner (JMLAB).

Penandatanganan sindikasi tersebut dilakukan oleh Direktur Utama Sawit Sumbermas Sarana Nasarudin Bin Basir bersama dengan Trihartono selaku JMLAB & Coordinating Bank dan Mochamad Choliq selaku Division Head Agribusiness Division.

Sedangkan, Bank Syariah Indonesia yang diwakili oleh Ibu Fiti Syam dan Bapak Indra Kampono selaku Group Head, serta management dari Bank DKI, Maybank Indonesia, Bank Woori Saudara dan JTrust Bank.

Baca Juga: Sawit Sumbermas Sarana Tebar Dividen Tunai Rp 763 Miliar

Turut hadir, Jap Hartono selaku Direktur/CFO dan M. Syafril Harahap selaku Direktur / COO SSMS beserta jajaran manajemen, serta pemilik PT Citra Borneo Indah (CBI) Group, induk usaha SSMS yaitu Abdul Rasyid.

CEO SSMS Nasarudin Bin Nasir menjelaskan, dana yang didapatkan dari sindikasi ini akan digunakan oleh perseroan untuk melakukan pembelian kembali (buyback) seluruh atau sebagian global bond perseroan yang diterbitkan melalui anak usahanya yaitu SSMS Plantation Holding Pte. Ltd., senilai US$ 300 juta pada 24 Januari 2018 yang lalu.

“Langkah ini menjadi strategi alternatif pembiayaan yang lebih baik bagi perseroan untuk menggantikan skema yang saat ini. Perseroan terus berinovasi guna keberlanjutan usaha dan memberikan yang terbaik bagi seluruh pemangku kepentingan,” jelasnya dalam keterangan tertulis, Rabu (29/6/22).

[#pagebreak#]

Ia juga menambahkan, penandatanganan pembiayaan sindikasi ini menjadi sejarah bagi SSMS. ”Perseroan sangat mengapresiasi kepada seluruh bank peserta sindikasi yang turut memberikan pinjaman, hal ini guna merealisasikan pembelian kembali seluruh atau sebagian obligasi atau global bond yang telah diterbitkan oleh perseroan pada tahun 2018,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, CFO SSMS Jap Hartono menjelaskan fasilitas pembiayaan tersebut bermanfaat bagi keberlanjutan bisnis kinerja SSMS yang semakin meningkat, sehingga diperkirakan dengan adanya fasilitas ini kinerjanya lebih optimal.

“Dengan demikian, perseroan akan lebih leluasa bergerak demi menghasilkan yang terbaik,” kata dia.

Sebagai informasi, fasilitas pembiayaan tersebut tidak melanggar peraturan dan perjanjian-perjanjian dengan pihak ketiga atau pihak lainnya, serta tidak berdampak negatif terhadap kondisi keuangan perseroan.

Direktur Institutional & Wholesale Business Bank BRI Agus Noorsanto dan SEVP Corporate Banking Bambang Krisminarno menyampaikan, bahwa pembiayaan sindikasi ini merupakan komitmen perbankan untuk mendukung pemerintah dalam pemberian pembiayaan kepada kategori usaha green sector.

Sindikasi ini dapat menjadi sebuah momentum positif bagi seluruh pihak dan memberikan manfaat yang optimal bagi Group Usaha SSMS dalam menjaga produktivitas dan peningkatan kualitas ekspor, serta terbentuknya sinergi yang baik guna mendukung visi perusahaan yang beriringan dengan semangat kami untuk memberi makna Indonesia,” pungkasnya.



Penulis: Muhammad Ghafur Fadillah / FMB
Sumber: Investor Daily

#Sawit Sumbermas Sarana #Pinjaman Sawit Sumbermas Sarana #SSMS #Utang SSMS #Beritasatu Bisnis

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Georgia Tolak Ikut Perang Lawan Rusia dan Siap Sambut Turis

Langgar Kode Etik Kasus Brigadir J, 16 Polisi Ditempatkan di Tempat Khusus

Arsenal vs Leicester City: Meriam London di Atas Angin

Ujian Perdana AC Milan di Stadion San Siro Lawan Udinese

Tanpa Sekolah, Masa Depan Anak Perempuan Afghanistan Tak jelas

Koalisi Gerindra-PKB Pastikan Tak Ada Nama Selain Prabowo dan Cak Imin

Ekspansi, Interior Mobil Hardy Classic Buka Workshop di BSD

Jerman Tolak Paspor Baru, Imigrasi Koordinasi ke Kemenlu

Koalisi Gerindra-PKB Bawa Kesejukan bagi Rakyat Indonesia

KPK Tidak Ungkap Rumah yang Disambangi Mukti Agung di Jaksel

BERITA TERPOPULER