Transisi Pandemi, Perekonomian Nasional dan DKI Akan Melesat

Jakarta, Beritasatu.com - Pascapandemi Covid-19 yang makin terkendali, kebangkitan perekonomian nasional, khususnya DKI Jakarta, akan semakin terasa baik untuk UMKM maupun sektor usaha lain. Optimisme terekam dalam Forum Discussion Group (FGD) bertema "Jakarta Punya Hajat, Ekonomi Melesat" diselenggarakan Indopos/Indoposco di Jakarta Selasa (28/6/2022).

Direktur Utama PT Indonesia Digital Pos (Indoposco) Syarif Hidayatullah menuturkan, di masa transisi pandemi menjadi endemi, banyak sektor tumbuh. "Jakarta sudah ada pertumbuhan (ekonomi) pada 2021. Catatan BI, triwulan keempat 2021 ada sekitar 3,64% dan terus naik sampai triwulan pertama tahun 2022 mencapai 4,30%," ujar Syarif Hidayatullah dalam keterangan yang diterima Rabu (29/6/2022).

Baca Juga: Kuartal II 2022, Pertumbuhan Ekonomi Berkisar 4,7%-5,3%

Capaian tersebut, menurut dia, berkat kerja sama pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat. "Kita tidak boleh lengah, karena Covid-19 masih ada. Kita juga tidak tahu apakah akan ada inflasi berikut atau tidak. Maka itu mari kita kolaborasi membuat peluang usaha yang kita bisa manfaatkan," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Pemimpin Wilayah Pegadaian Kanwil IX Jakarta 2 Edwin S Inkiriwang mengatakan, dalam 2 tahun terakhir modal usaha, modal kerja, dan investasi tidak mudah dilalui. "Dampak lainnya banyak usaha kecil yang tutup," terangnya.

Menurut dia, program pemerintah melalui kredt usaha rakyat (KUR) bisa membangkitkan ekonomi. Untuk itu, Pegadaian hadir menyalurkan KUR supermikro. "Kami masuk ke UMKM. Data ini kami peroleh dari bawah (RT/RW)," ungkapnya.

Sementara Biro Perekonomian dan Keuangan Sekretariat Daerah Provinsi DKI Jakarta Achmad Chudhoiri menuturkan, Jakarta belum sepenuhnya lepas dari Covid-19. "Ekonomi bisa bergerak tumbuh harus didukung oleh faktor kesehatan," katanya.

Ia menambahkan, pada triwulan I tahun 2022 ada tiga lapangan usaha kontribusi paling besar pada pertumbuhan ekonomi DKI yakni, perdagangan, industri, dan pasar. "Proyeksi ekonomi DKI Jakarta sepanjang 2022 sebesar 5%-6,1%," ungkapnya

Ia menambahkan, inflasi DKI Jakarta 3%. Dengan tim pengendalian inflasi, Pemprov DKI berharap ada stabilitas harga.

[#pagebreak#]

Ia menyebut, kebijakan pemulihan ekonomi sektor UMKM di masa pandemi Covid-19. Di antaranya terkait masalah pemasaran. "UMKM kita masukan ke marketplace, bahan baku bisa lebih murah, perizinan antarjemput izin perusahaan. Masyarakat kita perlakukan sebagai raja, khususnya yang membuka usaha," ucapnya.

Direktur Celios Bhima Yudhistira mengatakan, ulang tahun DKI berdampak pada ekonomi hingga tenaga kerja. Selain itu, banyak UMKM yang terdampak. Di masa transisi pandemi menjadi endemi, geliat masyarakat di DKI kian nampak. "Yang positif pembelian masyarakat di pusat perbelanjaan, naik 8%. Di tempat hiburan, taman kota ada kenaikan mobilitas 14%" bebernya.

"Saat ini orang pesan hotel, rekreasi, dan berwisata mulai naik. . Dan Formula E ini bisa menjadi branding Jakarta, terutama dari sektor pariwisata," katanya.

Baca Juga: BI Prediksikan Pertumbuhan Ekonomi DKI 2022 Capai 6,1%

Ia menyebut, UMKM mendominasi perekonomian Jakarta. Sedikitnya ada 160.000 UMKM di bidang kuliner. Dari jumlah tersebut, Pemprov DKI harus segera merangkul mereka. "Agar omzet naik, sasaran UMKM melihat demografi harus ke milenial. Mereka tidak perlu bawa dompet, cukup dengan uang digital," ujarnya.

Sekjen Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) Imbong Hasbullah mengapresiasi langkah Pemprov DKI yang terus menggenjot UMKM. Karena, program tersebut menyasar masyarakat bawah. "Kami mendukung program tersebut, dan kami sudah menggenjot lewat bazar festival di Kemang," katanya.

Direktur Utama PT Indonesia Digital Pos (Indoposco) Syarif Hidayatullah


Penulis: Whisnu Bagus Prasetyo / WBP
Sumber: BeritaSatu.com

#Perekonomian Nasional #Ekonomi DKI #UMKM #Beritasatu Bisnis #Transisi Pandemi

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Kasus Brigadir J, 4 Pamen Polda Metro Ditempatkan di Patsus

Georgia Tolak Ikut Perang Lawan Rusia dan Siap Sambut Turis

Langgar Kode Etik Kasus Brigadir J, 16 Polisi Ditempatkan di Tempat Khusus

Arsenal vs Leicester City: Meriam London di Atas Angin

Ujian Perdana AC Milan di Stadion San Siro Lawan Udinese

Tanpa Sekolah, Masa Depan Anak Perempuan Afghanistan Tak jelas

Koalisi Gerindra-PKB Pastikan Tak Ada Nama Selain Prabowo dan Cak Imin

Ekspansi, Interior Mobil Hardy Classic Buka Workshop di BSD

Jerman Tolak Paspor Baru, Imigrasi Koordinasi ke Kemenlu

Koalisi Gerindra-PKB Bawa Kesejukan bagi Rakyat Indonesia

BERITA TERPOPULER