Usaha Indekos, Harta Waket KPK Naik Rp 4,2 M

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron menjelaskan faktor yang membuat harta kekayaannya meningkat sekitar Rp 4,2 miliar dalam setahun.

Diketahui, berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkan pada 28 Januari 2021 untuk laporan periodik 2020, harta kekayaan Ghufron mencapai Rp 13,48 miliar. Sementara, berdasarkan LHKPN yang dilaporkan pada 22 Januari 2020 untuk periodik 2019 atau saat baru menjabat sebagai wakil ketua KPK, Ghufron mengklaim hartanya hanya sekitar Rp 9,23 miliar.

Baca Juga: Kekayaan Wakil Ketua KPK Meningkat Rp 4,2 M dalam Setahun

Ghufron menjelaskan membeli beberapa bidang tanah dan bangunan dari lelang negara yang sudah lelang ketiga atau harga likuidasi. Hal itu yang membuatnya dapat membeli tanah dan bangunan dengan harga yang murah.

"Perlu saya jelaskan aset saya kebanyakan properti tanah dan bangunan yang saya beli dari lelang negara. Biasanya terhadap objek yang sudah lelang ketiga atau harga likuidasi sehingga harga pembeliannya relatif murah," kata Ghufron dalam keterangannya, Jumat (3/12/2021).

Bangunan yang dibelinya tersebut kemudian direnovasi dan dijadikan rumah atau kos-kosan. Beberapa lainnya dijual kembali setelah direnovasi.

"Saya di Jember memiliki tiga lokasi kos-kosan yang kamarnya total sekitar 70 kamar, masa Covid-19 ini income-nya relatif turun, tetapi dalam pelaporan LHKPN saya laporkan bukan saja sebagai harga pasar rumah, namun saya laporkan sebagai rumah kosan yang nilainya bisa menjadi dua kali lipat dari harga belinya," tutur Ghufron.

Ghufron mengeklaim hal itu yang membuat kekayaannya meroket, setidaknya dalam setahun terakhir. Ghufron mengaku mengapresiasi atas kritik yang disampaikan terkait peningkatan hartanya.

"Saya sampaikan terima kasih atas perhatiannya dan saya berbangga atas pengawasan dan kontrol publik terdahap aparat negara semoga bermanfaat untuk menjaga integritas penyelenggara negara," ucap Ghufron.



Penulis: Fana F Suparman / FMB
Sumber: BeritaSatu.com

#Waket KPK #Nurul Ghufron #Harta Nurul Ghufron #KPK #LHKPN

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Bentrok di Maluku Tengah, 1 Polisi Alami Luka Tembak di Pipi

DPP PDIP Tak Pecat Arteria Dahlan, Ini Alasannya

30 Tahun Berselisih, Arab Saudi dan Thailand Pulihkan Hubungan Diplomatik

Epidemiolog: Negara Perlu Perkuat Pembatasan Sosial Cegah Peningkatan Covid-19

Jadi Calon Tunggal, Tedros Bakal Lanjutkan Pimpin WHO

Masyarakat Bekasi Bentuk Malidi sebagai Garda Terdepan Tumpas Hoax

Jaga Kerahasiaan Pengguna, Aplikasi Teman Diabetes Raih Sertifikasi

Mustika Ratu Harapkan Insentif Pengembangan Industri Ekstraksi

Tahapan Pemilu 2024

KPK: Korban Kerangkeng Bupati Langkat Mengaku Pekerja Sawit

BERITA TERPOPULER