KPK Tingkatkan Status Penanganan Perkara Dugaan Suap Proyek di Tulungagung

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengembangkan kasus dugaan suap proyek di Tulungagung. KPK telah meningkatkan status penanganan perkara ke tahap penyidikan. Dalam penanganan perkara yang dilakukan KPK, peningkatan status perkara ke tahap penyidikan diiringi dengan penetapan tersangka.

"KPK saat ini melaksanakan pengembangan penyidikan dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi suap terkait proyek pekerjaan di Pemda Kabupaten Tulungagung," kata Plt Jubir KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Rabu (26/1/2022).

Penyidikan kasus ini merupakan pengembangan dari perkara suap pembahasan, pengesahan dan pelaksanaan APBD dan atau APBD Perubahan Kabupaten Tulungagung tahun 2015-2018 yang menjerat Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo dan Ketua DPRD Tulungagung Supriyono.

Baca Juga: 3 Ekor Lumba-lumba Electra Terdampar di Pantai Sidem Tulungagung

Meski demikian, Ali belum dapat menyampaikan secara rinci pihak yang menyandang status tersangka kasus ini.

"Untuk uraian lengkap perkara, pasal yang disangkakan hingga dengan pihak-pihak yang ditetapkan sebagai Tersangka belum dapat kami sampaikan," katanya.

Hal ini lantaran sesuai komitmen KPK, pengumuman lengkap mengenai tersangka, pasal yang disangkakan dan konstruksi perkara akan disampaikan ketika dilakukan upaya paksa berupa penangkapan atau penahanan.

[#pagebreak#]

KPK berjanji akan menyampaikan perkembangan penanganan kasus ini. Untuk itu, KPK meminta publik untuk bersabar menunggu proses penyidikan.

"KPK akan selalu menyampaikan kepada publik perkembangan penanganan perkara ini dan meminta masyarakat untuk aktif mengawasi selama proses ini berlangsung. Di mana hal ini sebagai bentuk transparansi kami dalam menangani perkara," kata Ali.

Syahri Mulyo diketahui telah divonis 10 tahun penjara, dan Supriyono dihukum 8 tahun penjara atas perkara suap pembahasan, pengesahan dan pelaksanaan APBD dan atau APBD Perubahan Tulungagung tahun 2015-2018.



Penulis: Fana F Suparman / LES
Sumber: BeritaSatu.com

#Kasus Suap #Kasus Suap Tulungagung #Status Perkara #KPK #Kasus Suap Proyek

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Warga Jakarta dan Relawan Deklarasi Dukungan untuk Ganjar

Panitia: Biaya Penyelenggaraan Formula E Jakarta Rp 130 M

Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas ke Arah Barat Daya

Festival Kopi PDI Perjuangan Bakal Pecahkan Rekor MURI

Kartini Cup Ajang PCI Tingkatkan Kualitas Tim Kriket Putri U-19

Puan Maharani: Lakukan Aksi Nyata Mengatasi Kebencanaan

UMKM Binaan Bank Indonesia Catat Nilai Ekspor US$ 61 Juta

Panitia Dapat Sponsor Rp 100 Miliar untuk Formula E Jakarta

Mahasiswa UMB Perkenalkan Public Speaking ke Siswa SMK

Terobosan Ketua BTN Tingkatkan Prestasi Esport Indonesia

BERITA TERPOPULER