Menkes Imbau Pemda Prioritaskan Vaksinasi Lansia

Tangeraang, Beritasatu.com - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengimbau jajaran pemerintah daerah (pemda) memprioritaskan vaksinasi Covid-19 untuk kelompok masyarakat lanjut usia (lansia), usia 60 tahun ke atas karena memiliki tingkat kerentanan tinggi.

“Tolong dipastikan dalam sebulan ini, prioritas diberikan vaksinasi kepada para lansia sehingga mereka, senior-senior kita ini bisa kita lindungi,” kaa Menkes saat memberikan keterangan pers menyambut kedatangan vaksin Covid-19 tahap ke-8, di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (18/4/2021).

Pada saat itu, pemerintah mendatangkan 6 juta dari 140 juta bahan baku (bulk) vaksin Covid-19 buatan Sinovac asal Tiongkok.

Vaksin Covid-19 tahap pertama tiba di Tanah Air pada 6 Desember 2020 berupa vaksin jadi produksi Sinovac sebanyak 1,2 juta dosis.

Selanjutnya, pada 31 Desember 2020, pemerintah mendatangkan 1,8 juta dosis vaksin jadi produksi Sinovac.

Baca Juga: Menkes: Waspada Lonjakan Gelombang Tinggi Covid-19

Menkes secara khusus juga berpesan agar pemerintah daerah konsisten menjalankan vaksinasi pada Ramadan ini.

Puasa
Apalagi, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah menyatakan bahwa vaksinasi tidak membatalkan puasa.

“Pesan saya kepada seluruh teman-teman di daerah, para kepala daerah, gubernur, bupati, dan wali kota, terus jalankan program vaksinasi. MUI sudah bilang bahwa selama bulan puasa vaksinasi tidak membatalkan puasa, jadi terus dijalankan,” ujarnya.

Ia mengatakan, seluruh elemen masyarakat agar terus meningkatkan kewaspadaan terhadap risiko penularan Covid-19, karena pandemi belum berakhir.

Belakangan ini, terjadi lonjakan kasus positif Covid-19 di sejumlah negara di kawasan Eropa, India, Filipina, Papua Nugini, serta negara-negara di Amerika Selatan seperti Cile dan Brasil.

Baca Juga: Lagi, Indonesia Kedatangan 6 Juta Bulk Vaksin Sinovac

Ketidakwaspadaan, imbuhnya, berpotensi memicu terjadinya lonjakan kasus dan membuat berbagai upaya dan usaha keras yang dilakukan dalam penanganan Covid-19 menjadi sia-sia.

“Jangan sampai program vaksinasi yang sudah berjalan, program PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) mikro yang sudah berjalan, yang sudah bisa menurunkan kasus Covid-19, membuat kita menjadi tidak waspada, membuat kita menjadi tidak hati-hati, karena lonjakan bisa terjadi lagi,” ujar Menkes.

Menkes juga mengingatkan agar masyarakat terus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, meskipun sudah divaksinasi.

“Sekali lagi, tetap menjalankan protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak. Dan terus kita vaksinasi, terutama para lansia kita sampai Lebaran nanti,” katanya.



Penulis: Novy Lumanauw / BW
Sumber: BeritaSatu.com

#Menkes Budi Gunadi Sadikin #Vaksinasi Covid-19 #Lansia #Vaksinasi

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Sundulan Kiper Alisson Jaga Asa Liverpool Lolos ke Liga Champions

Lusa, MKD DPR Gelar Pleno Bahas Azis Syamsuddin

Tahanan BNN Sumut Kabur Setelah Siram Petugas dengan Air Cabai

Pengganti Zidane, Nama Raul dan Joachim Low Masuk Daftar

Puncak Pergerakan Pengguna KRL Masa Libur Lebaran pada Siang Hari

Enam Desa di Aceh Tenggara Diterjang Banjir Bandang

Lima Gol di Selhurst Park, Palace Tumbangkan Villa

Menengok Penampilan Masa Muda Crazy Rich asal Malang

Babak I, West Bromwich vs Liverpool Bermain Imbang

Banjir di Nagan Raya, Ratusan Rumah di 6 Desa Masih Terendam

BERITA TERPOPULER