BIN Pilih Vaksinasi Covid-19 di “Zona Hitam”

Tangerang Selatan, Beritasatu.comBadan Intelijen Negara (BIN) memilih untuk menggelar vaksinasi Covid-19 di “zona hitam”. Pada Minggu (1/8/2021), BIN mengadakan vaksinasi di tiga wilayah di Banten yang menjadi penyangga ibu kota, yakni Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), dan Kabupaten Tangerang.

“Hari ini BIN menyelenggarakan program vaksinasi khususnya di tiga wilayah penyangga ibu kota. Spot-spot ini kita pilih lantaran terjadi lonjakan kasusnya cukup tinggi, bahkan sudah menjadi ‘zona hitam’ (penyebaran Covid-19),” kata Kepala BIN Budi Gunawan saat memantau vaksinasi terhadap 2.500 santri di Pondok Pesantren Ummul Quro, Pamulang, Tangsel.

Baca Juga: BIN Sebar 7.000 Vaksinasi dan 7.000 Bansos di Banten, Jabar, dan Jatim

Salah satu faktor yang membuat lonjakan kasus Covid-19 ketiga wilayah di Banten tersebut, karena jumlah penduduknya padat. Menurut Budi, banyak klaster rumah tangga. Budi menyarankan untuk tiga wilayah tersebut menjadi daerah prioritas pemberian vaksin.

“Kami melihat klaster rumah tangga yang mendominasi karena padatnya penduduk di wilayah ini. Selain itu, banyak juga warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman) menjadi faktor wilayah-wilayah ini masuk dalam kategori itu,” kata Budi.

Baca Juga: Kejar Target Vaksinasi di Hari Kemerdekaan, Ini Strategi Kapolri

Budi juga meminta pemerintah di tiga kota itu untuk menekan angka kematian. Ditambahkan, BIN memilih wilayah-wilayah ini sebagai sasaran pemberian vaksin agar bisa cepat mencapai herd immunity di masyarakat dan mengurangi risiko paparan Covid-19 di wilayah-wilayah tersebut.

“Kami sangat berharap seluruh masyarakat untuk bahu-membahu dengan pemerintah untuk menggencarkan program vaksinasi yang dicanangkan bapak Presiden Joko Widodo. Agar Indonesia khususnya wilayah-wilayah padat penduduk ini bisa mencapai herd immunity dan untuk ketahanan secara kolektif,” demikian Budi.



Penulis: Chairul Fikri / CAR
Sumber: BeritaSatu.com

#BIN #Vaksinasi Covid-19 #Covid-19 #Budi Gunawan #Vaksin #Tangerang

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Sidang Perdana Perkara Suap 2 Eks Pejabat Ditjen Pajak Tunggu Jadwal Pengadilan

PPK Kemayoran Konsisten Memanfaatkan Wisma Atlet sebagai Satu RSD Covid - 19

Mengejutkan, Conor McGregor Bisa Kembali Naik Octagon Akhir Tahun Ini

Jawa Barat Ekspor Ubi Jalar ke Pasar Singapura

Jadi Pusat Vaksin Global, Puan: Indonesia Dapat Banyak Manfaat

Keberagaman di Indonesia Anugerah dari Tuhan

Pakar: Vonis Gugatan Polusi Udara Jakarta, Bukan Solusi Perbaiki Lingkungan

Masterpiece Auction Lelang Karya-karya Maestro Asia Tenggara

Wagub DKI: Kelanjutan Bansos Tunai Tunggu Keputusan Pemerintah Pusat

BNN Hadiri Pertemuan Internasional Asod

BERITA TERPOPULER