Jaga Kerahasiaan Pengguna, Aplikasi Teman Diabetes Raih Sertifikasi

Jakarta, Beritasatu.com – Untuk menjaga kerahasiaan data pengguna, aplikasi Teman Diabetes milik PT Global Urban Esensial meraih sertifikasi ISO 27001 dari British Standard Institution terkait Sistem Manajemen Keamanan Informasi. Sertifikasi ini diperoleh karena komitmen perusahaan menjaga kerahasiaan data diabetesi (penderita diabetes) sebagai pengguna aplikasi.

"Sertifikasi ini juga menunjukkan bahwa Teman Diabetes telah memenuhi standar internasional dalam melindungi data pribadi penggunanya, kami berharap dengan aplikasi ini, diabatesi dapat meningkatkan pemantauan gula darah mandiri (PGDM)," kata Head of Doctor Pillar PT Global Urban Esensial (GUE), Mohamad Salahuddin, dalam keterangan tertulisnya Rabu (26/1/2022).

Baca Juga: Tips bagi Penderita Diabetes Selama Pandemi Covid-19

Salahuddin menyampaikan bahwa salah satu misi Teman Diabetes adalah menunjang PGDM dengan memberikan platform bagi penyandang diabetes untuk merekam data. Selain itu, menghubungkan diabetesi dengan tenaga medis untuk mendapatkan arahan sesuai kebutuhan. Aplikasi Teman Diabetes telah diunduh sebanyak 50.000 pengguna di Google Play Store. "Beberapa fitur utamanya yakni edukasi dasar, rekaman yang terintegrasi dengan alat test gula darah dan relekonsultasi," imbuh Salahuddin.

Baca Juga: Akses Pengobatan Diabetes Diperluas

Ketua Perkumpulan Edukator Diabetes Indonesia (PEDI) Dr. dr. Aris Wibudi, Sp.PD-KEMD mendukung para diabetesi melakukan PGDM. Penggunaan aplikasi memudahkan diabetesi untuk mengelola penyakitnya sesuai anjuran dokter. "Aplikasi Teman Diabetes membantu pasien melakukan PGDM sesuai anjuran dokter maupun edukator diabetes," kata dia.

Dia mengatakan penggunaan teknologi terbukti mampu memberikan keuntungan dalam manajemen diabetes. "Namun keamanan data pasien harus terjamin agar tidak disalahgunakan,” kata dr. Aris.

Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan pada tahun 2018, prevalensi diabetes di Indonesia bertambah dari 6,9% pada 2013 menjadi 10,9% pada 2018.



Penulis: Whisnu Bagus Prasetyo / WBP
Sumber: BeritaSatu.com

#Teman Diabetes #Aplikasi Teman Diabetes #Diabetasi #Keamanan Data Pasien #Sertifikat ISO

BAGIKAN

BERITA TERKINI

Guardiola Ingin Manchester City Fokus Lawan Aston Villa

Cristiano Ronaldo Terancam Absen Lawan Crystal Palace

Data Kasus Positif dan Kematian Covid-19 di Jakarta sampai 21 Mei 2022

Data Penerima Vaksin Covid-19 sampai 21 Mei 2022

Kominfo Dorong Generasi Muda Kembangkan UMKM Melalui Platform Digital

Data Kasus Aktif Covid-19 sampai 21 Mei 2022

Ali Ghufron: Achmad Yurianto Berkontribusi Besar pada JKN

Data Prevalensi Tertinggi Covid-19 di 10 Provinsi pada 21 Mei 2022

Data Positivity Rate Covid-19 sampai 21 Mei 2022

Data Kesembuhan Terendah Covid-19 di 10 Provinsi pada 21 Mei 2022

BERITA TERPOPULER