Menpora Sebut Prestasi Indonesia di Paralimpiade 2020 Lebih Baik Dibanding 2016

Jakarta, Beritasatu.comMenteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyebutkan prestasi yang ditorehkan Kontingen Indonesia dalam Paralimpiade Tokyo 2020 lebih baik dibandingkan Paralimpiade Rio de Janeiro 2016, Brasil.

Amali merincikan, Indonesia telah mengirimkan 24 atlet untuk mengikuti 7 cabang olahraga yang dipertandingkan pada Paralimpiade Tokyo 2020. Dengan hasil, 2 medali emas dari cabang parabulutangkis, 3 medali perak terdiri atas 1 medali perak dari para angkat berat, dan 2 medali dari parabulutangkis, serta 4 medali perunggu terdiri dari 2 medali dari para bulutangkis, 1 medali dari para atletik dan 1 medali dari para tenis meja.

Baca JugaMenpora Sebut Perpres 86/2021 Tingkatkan Rasa Percaya Diri Atlet Difabel

“Dengan perolehan ini, posisi Indonesia ada di peringkat ke-43 dunia. Bila dibandingkan dengan keikutsertaan kontingen Indonesia pada Paralimpiade di Rio de Janeiro, Brazil, tahun 2016 sebelumnya, Indonesia hanya dapat mengirimkan 9 atlet dan mengikuti 4 cabang olahraga, dengan perolehan 1 medali perunggu dari cabang olahraga angkat berat dan menempatkan posisi Indonesia pada peringkat ke-76 dunia,” kata Zainudin Amali dihadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menerima Kontingen Indonesia untuk Paralimpiade Tokyo 2020 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (17/9/2021).

Oleh karena itu, Amali mewakili Kontingen Indonesia mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang memberikan waktu untuk bertemu dengan para atlet Paralimpiade Tokyo 2020 dan menyaksikan pemberian bonus kepada atlet peraih medali, non medali serta pelatih.

“Atas nama Kontingen Indonesia yang telah bertanding pada ajang Paralimpiade Tokyo 2020 yang dilaksanakan tanggal 24 Agustus sampai 5 September, kami mengaturkan ucapan terima kasih kapada Bapak Presiden yang telah berkenan meluangkan waktu menerima Kontingen Indonesia di tengah-tengah kesibukan Bapak Presiden,” ujar Zainudin Amali.

Baca JugaJokowi Beri Bonus untuk Atlet Paralimpiade Tokyo 2020, Medali Emas Rp 5,5 Miliar

Seperti diketahui, Presiden Jokowi memberikan bonus bagi atlet peraih medali Paralimpiade Tokyo 2020. Peraih medali emas mendapatkan bonus Rp 5,5 miliar, medali perak Rp 2,5 miliar, dan perunggu Rp 1 miliar.

Besaran bonus tersebut hampir sama dengan yang diterima para atlet peraih medali di Olimpiade Tokyo 2020. Peraih medali emas dan perak, besaran bonus tetap sama antara atlet paralimpiade dan olimpiade. Perbedaannya hanya pada besaran bonus atlet peraih medali perunggu. Bila atlet olimpiade mendapatkan bonus Rp 1,5 miliar, maka atlet paralimpiade mendapatkan bonus Rp 1 miliar.



Penulis: Lenny Tristia Tambun / JAS
Sumber: BeritaSatu.com

#Menpora #Zainudin Amali #Kontingen Paralimpiade Indonesia #Paralimpiade 2020 #Paralimpiade 2016 #Atlet Difabel

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Adhi Karya Terima Financial Close Rp 420 Miliar untuk Preservasi Jalintim Riau

Ekonomi Jakarta Mulai Pulih, Anak Buah Anies Usulkan Rancangan APBD 2022 Senilai Rp 80,15 Triliun

KPK Patahkan Klaim Azis Syamsuddin Pinjami Uang Stepanus Robin untuk Pengobatan Covid-19

Priscilla Hertati Jagokan Stamp Fairtex Menangkan Grand Prix

Musim Penghujan Kabupaten Bogor Keadaan Awas Bencana

Kembali Digugat PKPU, Ini Tanggapan Garuda Indonesia

Tabrakan Maut Antarbus, Wagub Riza Sebut Tidak Mudah Jadi Sopir Transjakarta

Asproksi Bekasi Diharapkan Berkontribusi Tingkatkan Standar Produk Kesehatan

Sejalan Mata Uang Asia, Awal Perdagangan Rupiah Melemah 20 Poin

Cerita Bima Arya Minta Tips Bangun Kota Bahagia ke Dubes Finlandia

BERITA TERPOPULER