Festival Kopi PDI Perjuangan Bakal Pecahkan Rekor MURI

Jakarta, Beritasatu.com - DPP PDI Perjuangan (PDIP) menggelar Festival Kopi Tanah Air pukul 13.15 WIB di Parkir Timur Selatan Senayan, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Jumat (27/5/2022). Kegiatan yang akan dihadiri ribuan peserta ini bakal memecahkan rekor MURI.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan festival ini merupakan bukti bahwa PDIP, seperti yang disuarakan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, tidak melulu berbicara soal kekuasaan.

Hasto mengatakan Megawati selalu memberikan arahan agar kader PDI Perjuangan harus terus menjalankan kerja-kerja politik kerakyatan, terus turun membantu rakyat.

Baca Juga: Megawati: PDI Perjuangan dan NU Selalu Beriringan, Ancaman Bangsa Bisa Diatasi

“Kami berharap dengan Festival ini, akan membangkitkan kopi Tanah Air, membangkitkan petani Indonesia, membangkit semangat rakyat Indonesia, sehingga akhirnya kopi Tanah Air merupakan kebangkitan nasional Indonesia,” kata Hasto kepada wartawan, Kamis (26/5/2022).

“Rencananya ibu ketua umum akan memberikan sambutan untuk membuka festival kopi,” katanya.

Terkait kopi, pria asal Yogyakarta ini pun mengutip kisah yang disampaikan mantan pengawal pribadi Bung Karno, Mangil Wartowidjojo menulis buku bertajuk “Kesaksian tentang Bung Karno, 1945-1967”.

[#pagebreak#]

Ketika sarapan, Bung Karno tak lupa untuk minum kopi. “Pak Mangli menjelaskan bahwa kopi Bung Karno harus sesuai takaran yang diinginkan, yaitu satu sendok kopi dan satu setengah sendok gula,” kata Hasto sambil tersenyum.

Sementara itu, Ketua Panitia Festival Kopi Tanah Air Ono Surono menambahkan bahwa acara tersebut merupakan rangkaian penutup HUT ke-49 PDIP. Dalam acara bertajuk “Festival Kopi Kebangkitan Nasionalisme Indonesia” itu, terdapat beberapa rangkaian kegiatan, antara lain pameran, eksebisi, uji cita rasa, dan sulang kopi secara hybrid.

“Di mana uji cita rasa kopi itu oleh panitia disiapkan on the spot dan secara hybrid dengan target minimal 2.500 orang. Itu mudah-mudahan mendapatkan penganugerahan dari rekor MURI,” kata Ono.

Baca Juga: Hasto: Konsolidasi, PDIP Gelar Rakernas pada 10-13 Juni 2022

Eksebisi kopi akan menghadirkan pegiat kopi dari Aceh sampai Papua. Lima kementerian juga akan terlibat, yakni Kementerian BUMN, Kementerian Pertanian, Kementerian Koperasi dan UKM, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tak hanya itu, hadir juga komunitas dan produsen kopi.

Selain itu, PDIP juga akan menggelar lomba barista dengan tiga kategori, yakni latte art, manual brew, dan aeropress. “Dengan sampai saat ini jumlah peserta lomba itu mencapai 535 orang dari Aceh sampai Papua,” jelas Ono.

Ono menambahkan festival berlangsung selama tiga hari, akan ada pertunjukan seni budaya dan penampilan artis-artis Indonesia, seperti Krisdayanti, Marcell Siahaan, Rizky Febian, Peewee Gaskins, Hivi, dan lain-lain.



Penulis: Yustinus Paat / CAR
Sumber: BeritaSatu.com

#PDI Perjuangan #Festival Kopi #Hasto Kristiyanto #Rekor MURI #Kopi Aceh

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Tiba di Kyiv Ukraina, Misi Perdamaian Jokowi Dimulai

Airlangga Hartarto Bahas Sepak Bola Bersama Ronaldinho

Bantuan untuk Korban Banjir Pamijahan Terkendala Medan

Ke Ukraina Bawa Misi Perdamaian, Jokowi: Semoga Dimudahkan

Konstitusi Uzbekistan Jamin Perlindungan Hak Warga Negara

Malaysia Open: Tekuk Duet Tiongkok, Ahsan/Hendra ke 16 Besar

KPK Usut Dugaan Penggunaan Tanah Warga untuk IMB Summarecon

Unik! Pedagang Hewan Kurban di Depok Jual Domba Tanduk Empat

Tarif ke Taman Nasional Komodo Rp 3,75 Juta Bikin Resah

Pengamat Ingatkan Waspada Potensi Krisis Ekonomi seperti Sri Lanka

BERITA TERPOPULER