Puncak Pergerakan Pengguna KRL Masa Libur Lebaran pada Siang Hari

Jakarta, Beritasatu.com - Pola pergerakan pengguna kereta rel listrik (KRL) selana musim libur Lebaran berbeda dengan hari-hari biasa.

Pengguna kebanyakan bukan penumpang rutin. Mereka bepergian bersama keluarga atau kerabat dan mulai menggunakan KRL pada siang hari.

Data KAI Commuter pada 12-14 Mei 2021 menunjukkan pergerakan pengguna mulai meningkat pada pukul 09.00-11.00 dan kembali ramai pukul 17.00-19.00. Namun, tidak seramai pada siang hari.

Baca Juga: Sempat Dikritik Menhub, Ini Kata KAI soal Layanan KRL Jabodetabek

“Para pengguna kami sarankan merencanakan perjalanannya dengan lebih baik dan menggunakan KRL di luar jam-jam tersebut agar terhindar dari potensi kepadatan. Informasi kepadatan stasiun juga dapat dilihat melalui aplikasi KRL Access,” kata Vice President Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, Minggu (16/5/2021).

Menurut Anne, ada peningkatan dari segi volume keseluruhan. Namun, pengguna KRL pada masa libur Lebaran ini masih di bawah volume pada hari kerja yang mencapai sekitar 400.000 penumpang.

Volume pengguna KRL pada Sabtu (15/5/2021) tercatat 328.495 pengguna atau meningkat 14% dibanding hari sebelumnya yang mencapai 287.471 orang.

Antisipasi
Sebagai antisipasi penyebaran Covid-19 di tengah peningkatan jumlah pengguna pada Sabtu dan Minggu (15-16 Mei 2021), KAI Commuter melaksanakan tes antigen Covid-19 secara acak kepada para pengguna KRL di empat stasiun. Tes antigen tersebut dilakukan di Stasiun Manggarai, Bogor, Bekasi, dan Tangerang.

Baca Juga: KAI Commuter Tambah 14 Perjalanan KRL Mulai Sabtu Ini

Tes antigen acak dilakukan sebelum pengguna bertransaksi untuk membeli tiket atau tap masuk di gate elektronik stasiun.

“Bagi para pengguna yang hasilnya negatif akan dipersilakan melanjutkan perjalanan dengan KRL. Sementara para pengguna yang hasilnya positif akan tidak diizinkan naik KRL dan datanya dilaporkan ke satgas Covid-19 setempat,” kata Anne.



Penulis: Bernadus Wijayaka / BW
Sumber: BeritaSatu.com

#KRL #Libur Lebaran #Kereta Rel Listrik #KAI Commuter

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Mancini Yakin Italia Bakal Kian Bersinar

Bunuh Diri Hummels Antar Prancis Tundukkan Jerman

Portugal Menang, Ronaldo Buat 4 Rekor

Ronaldo Dua Gol, Portugal Bungkam Hungaria 3-0

Menit 87 Ronaldo Perbesar Keunggulan Portugal

Menit 83, Raphael Guerreiro Bawa Portugal Unggul

Video Viral Pecah Kaca Truk Ternyata Keributan Antar Sopir

Setelah 17 Tahun, Perang Dagang AS- Uni Eropa Mereda

Bank Dunia dan Uni Afrika Distribusikan Vaksin Covid-19

Korban Mafia Tanah 45 Hektare Berharap Hakim Tolak Pembelaan Dua Tersangka

BERITA TERPOPULER