Ganjil Genap Diberlakukan di Ancol dan Taman Mini

Jakarta, Beritasatu.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, memberlakukan sistem pembatasan kendaraan ganjil genap di tempat wisata, di Jakarta. Untuk sementara, ganjil genap berlaku di Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

"Instruksi dari pemerintah dan keputusan gubernur dari pukul 12.00 sampai 18.00, dari pukul 12.00 siang sampai pukul 18.00. Berlaku sementara saat ini di dua lokasi wisata yaitu, di Ancol dan Taman Mini," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo, Jumat (17/9/2021).

Dikatakan Sambodo, petugas akan melakukan penjagaan dan pengaturan menjelang gerbang masuk tempat wisata.

Baca Juga: Ganjil Genap Puncak, Polres Bogor Siapkan Dua Rute Tambahan

"Pengaturan yang kita jaga akses ganjil genapnya itu yang menjelang gerbang masuk. Contoh di Ancol Gerbang Barat, sebelum masuk gerbang Ancol maupun gerbang timur keluaran tol yang mau keluar arah PRJ Kemayoran. Kemudian Taman Mini kita batasi bukan dari Tamini Square, tetapi jalan itu biasa, hanya ketika masuk ke area Taman Mini itulah kemudian kita melaksanakan pemeriksaan ganjil genap," ungkapnya.

Sambodo menyampaikan, sistem ganjil genap di tempat wisata bertujuan mengurangi kerumunan.

"Ini bertujuan untuk menjaga, mengurangi kerumunan khususnya di tempat wisata. Tentu tidak berjalan sendiri tetapi kebijakan ini dibarengi dengan peningkatan protokol kesehatan di tempat wisata itu sendiri seperti kapasitas dibatasi hanya 25%, kemudian juga akses masuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi, kemudian pendaftaran tiket secara online. Mudah-mudahan dengan cara seperti ini tempat-tempat wisata tetap bisa buka dengan protokol kesehatan yang ketat," katanya.

Baca Juga: Polisi Berlakukan Aturan Ganjil dan Genap di Tiga Destinasi Wisata

Menyoal sanksi, Sambodo mengatakan, tidak ada penindakan tilang. "Tidak ada tilang, karena anggota berjaga di pintu masuk. Bagi yang mau drop off silakan, jadi tidak masuk. Untuk sepeda motor masih belum berlaku, jadi hanya untuk kendaraan roda empat," ucapnya.

Sambodo menambahkan, sistem ganjil genap di tempat wisata mulai diterapkan hari ini, 17 September 2021 hingga waktu yang akan ditentukan kembali. Sistem pembatasan kendaraan itu dilaksanakan pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu.

"Tentu dari personel kepolisian gabung satpol PP dan Dishub DKI sendiri satu lokasi ada 40, satu gerbangnya. Jadi Ancol dua gerbang, paling tidak hari ini secara shift ada 120 personel yang kita tugaskan untuk pengaturan ganjil genap tempat wisata," tandasnya.



Penulis: Bayu Marhaenjati / BW
Sumber: BeritaSatu.com

#Ganjil Genap #Ganjil Genap Jakarta #Ganjil Genap Tempat Wisata #Wisata Jakarta Dibuka #DKI Jakarta #Sambodo Purnomo Yogo

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Kemtan Raih Penghargaan Tertinggi Keterbukaan Informasi Publik 2021

Pemkot Tangerang Uji Coba Penerapan PeduliLindungi di Dua Pasar Tradisional

IHSG Cenderung Flat di Sekitar Garis Datar pada Awal Sesi

Pilih Tiongkok, 5 Pesepakbola Top Ini Rela Hengkang demi Uang

IHSG Rawan Koreksi, Pantau AGRO, SAME, FREN, dan ACES

Hapuskan Ketentuan Swab PCR Saat Naik Pesawat Menggema di Media Sosial

Piala Liga: Chelsea ke Perempat Final, Tuchel Lega

Fokus Pasar: Prospek CPO Curi Perhatian Investor

2035, Singapura Akan Impor 30% Energi dari Sumber Rendah Karbon

Harga PCR Sebaiknya di Bawah Rp 200.00 dan Diberlakukan di Semua Moda

BERITA TERPOPULER