Tabrakan Maut Antarbus, Wagub Riza Sebut Tidak Mudah Jadi Sopir Transjakarta

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan tidak mudah menjadi sopir Transjakarta. Tantangan terbesar bagi sopir Transjakarta, kata Riza, adalah melawan kebosanan dan kejenuhan.

Hal ini disampaikan Riza merespons dugaan sopir bus Transjakarta ngantuk sehingga mengakibatkan tabrakan maut antarbus di Jalan MT Haryono, Jakarta pada Senin (25/10/2021).

Tabrakan maut ini telah memakan korban sebanyak 33 orang dengan perincian dua orang meninggal dunia dan yang lainnya mengalami luka berat dan ringan. Dari 2 orang yang meninggal, salah satunya adalah sopir Transjakarta.

Baca Juga: Pengamat Transportasi: KNKT Harus Selidiki Penyebab Tabrakan Bus Transjakarta

“Mudah-mudahan ini jadi pembelajaran kita semua untuk lebih hati-hati, memang harus dipahami jadi supir bus Transjakarta itu berat karena dalam koridor yang lurus,” ujar Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (26/10/2021) malam.

Sopir Transjakarta, kata Riza, harus mengemudi bus dalam jalan yang lurus dengan pembatasan jalan yang sudah diatur di kiri dan kanannya. Menurut Riza, hal tersebut tentu membosankan dan menjebuhkan sehingga bisa dipahami juga ada sopir yang mengantuk.

“Kalau jadi sopir itu lurus, kiri kanan ada pembatas, itu sangat membosankan sangat menjenuhkan. Dan itu wajar lebih cepat ngantuk dibandingkan kita di jalan biasa,” ungkap dia.

Baca Juga: Tabrakan Bus Transjakarta Terekam Jelas di CCTV

Karena itu, kata Riza, Transjakarta perlu mengevaluasi mekanisme kerja para petugasnya agar bisa mencegah sopirnya ngantuk atau kelelahan. Transjakarta, kata dia, harus bisa memastikan para petugasnya khususnya sopir dalam kondisi prima dan sehat saat bertugas.

“Jadi memang ini akan kita evaluasi, saya sudah minta Transjakarta supaya dievaluasi terkait jam operasional, memastikan vitamin takutnya nanti ngantuk apalagi yang tugasnya pagi jam 3 sudah keluar. Itu harus diperhatikan, nanti kita carikan solusi yang terbaik,” pungkas Riza.



Penulis: Yustinus Paat / EHD
Sumber: BeritaSatu.com

#Tabrakan Bus Transjakarta #Bus Transjakarta #Wagub Riza Patria #Sopir Bus Transjakarta #Ahmad Riza Patria

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

PB ISSI Kirim Atlet Berlatih ke Swiss

Varian Omicron Mengancam Pemulihan Ekonomi Dunia

Prima Protect Plus Bagikan Paket Sanitasi untuk Mitra Grab

Brasil Sudah Vaksinasi Covid 90% Populasi

Pemberdayaan Masyarakat, PT TCM Gandeng ISSF

Bus Terbakar di Tol Semarang-Solo

Pemerintah Siapkan Bonus untuk Tim Piala Thomas 

Iran Nyatakan Tuntutan Kesepakatan Nuklir

Kongres JKPI Tetapkan 8 Ibu Kota Kebudayaan

Airlangga Apresiasi Polri Dukung Kebijakan Pemerintah

BERITA TERPOPULER