Anies: Lokasi Sirkuit Formula E Tak Ditentukan Presiden

Jakarta, Beritasatu.com - Gubernur DKi Jakarta Anies Baswedan menegaskan bahwa lokasi sirkuit Formula E tidak ditentukan oleh Presiden Joko Widodo. Menurut Anies, Presiden Jokowi tidak dalam kapasitas menentukan lokasi Formula E.

"Enggak ada. Lho masa lokasi (penentunya) presiden, enggak-lah. Lokasi kok masak urusan presiden," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (25/11/2021).

Baca Juga: Alberto Longo: Presiden Jokowi Putuskan Lokasi Formula E

Sirkuit Formula E, kata Anies, akan ditentukan oleh tiga lembaga, yakni Formula E Operations (FEO) sebagai pemenang lisensi Formula E, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) sebagai penyelenggara Formula E Jakarta dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) sebagai perpanjangan tangan Fédération Internationale de l'Automobile atau FIA (Federasi Olahraga Mobil Dunia).

"Ya FEO, IMI dan Jakpro, tiga itu (yang menentukan lokasi Formula E," tandas Anies.

Lebih lanjut Anies mengaku sudah meminta pihak IMI untuk segera mengklarifikasi pernyataan yang menyebutkan Presiden Jokowi menjadi penentu sirkuit balap mobil listrik Formula E Jakarta. IMI, kata Anies akan mengeluarkan statement resmi terkait presiden Jokowi penentu lokasi Formula E.

"Saya tadi sudah minta, nanti IMI akan melakukan klarifikasi soal ini. Masa soal lokasi ke presiden. IMI nanti klarifikasi, Anda baca statement resminya," pungkas Anies.

Sebelumnya, Co-Founder sekaligus Chief Championship Officer Formula E Operations (FEO) Alberto Longo mengatakan sirkuit Formula E akan diputuskan oleh Presiden Joko Widodo. FEO, kata Alberto, akan melakukan kajian dan studi terhadap 5 lokasi alternatif yang sudah disiapkan sebelum diputuskan oleh Jokowi.

Baca Juga: Formula E, FEO dan IMI Akan Menghadap Jokowi

"Kami akan mengajukan proposal (soal sirkuit Formula E) ke Presiden Indonesia, beliau lah yang akan mengambil keputusan," ujar Alberto saat konferensi pers bersama Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) di Kantor Blackstone, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (24/11/2021) malam.

Ke-5 lokasi alternatif untuk sirkuit Formula E adalah Pantai Indah Kapuk (PIK), daerah sekitar Jakarta International Stadium (JIS), Jalan Sudirman, Jakarta Internasional Expo Kemayoran dan Kawasan Ancol. Menurut Alberto, sirkuit balap mobil listrik ini akan ditentukan paling lambat sebelum Natal, 25 Desember 2021 mendatang.

"Sebelum Natal (sirkuitnya) sudah diumumkan," tutur Alberto.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo bahwa lokasi Formula E akan diputuskan oleh Presiden Jokowi. FEO, kata dia, akan melakukan kajian plus minus di 5 lokasi alternatif yang sudah ditetapkan oleh penyelenggara Formula E Jakarta.

"Presiden Jokowi akan memilih. Alberto bakal buat studi plus minus jalur-jalur tersebut," pungkas Bambang. 

Baca Juga: Ini 5 Lokasi Alternatif Penyelenggaraan Formula E



Penulis: Yustinus Paat / YUD
Sumber: BeritaSatu.com

#Formula E #Anies Baswedan #Jokowi #Joko Widodo

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Meterai Elektronik Tawarkan Solusi Mudah Bayar Pajak

Turnamen IYC dan Soft Launching JIS Ditunda

PN Jaksel Tolak Adili Gugatan Sri Untari Bisowarno

Taliban Terbitkan Dekrit Perlindungan Hak Perempuan

Kapolri: Pertahankan Capaian Positif Penanganan Covid-19

Wapres Resmikan Monumen Pahlawan Covid-19 Jawa Barat

Meski Diadang Pandemi, Exquise Patisserie Tambah Gerai Baru

ERT Putra Perkasa Abadi Juara Umum IFRC 2021

PB ISSI Kirim Atlet Berlatih ke Swiss

Varian Omicron Mengancam Pemulihan Ekonomi Dunia

BERITA TERPOPULER