Anies Ingatkan Warga Jakarta Hindari Sikap Ableism

Jakarta, Beritasatu.com - Pemprov DKI Jakarta bersama PT MRT Jakarta meluncurkan layanan digital ramah penyandang disabilitas, Digital Intelligent Assistant atau DINA di Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Jumat (3/12/2021).

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, fasilitas ini merupakan komitmen Pemprov DKI untuk menghadirkan kesetaraan bagi seluruh warga, termasuk dalam memfasilitasi masyarakat penyandang disabilitas.

"Kami di Pemprov DKI Jakarta memiliki komitmen untuk memberikan fasilitas yang setara bagi seluruh warga. Sebagian dari warga kita membutuhkan pelayanan khusus, seperti saudara kita penyandang disabilitas,” kata Anies.

"Fasilitas ini menjadi penanda bahwa masyarakat penyandang disabilitas bisa ke mana saja. Jika memperoleh dukungan pelayanan, mereka akan bisa mendapatkannya melalui DINA ini,” tambahnya.

Baca Juga: Dinilai Tidak Adil, Anies Kirim Surat ke Menaker

Anies menjelaskan, Pemprov DKI melibatkan penyandang disabilitas dalam proses perencanaan fasilitas. Tujuannya, agar fasilitas yang disiapkan sesuai dengan kebutuhan.

Terlebih, para penyandang disabilitas memiliki treatment yang berbeda-beda. Apabila penyandang disabilitas salah satu kelompok rentan di Jakarta terfasilitasi, maka warga kebanyakan juga akan terfasilitasi.

"Penyandang disabilitas dilibatkan dalam perencanaan fasilitas, agar fasilitas yang disiapkan sesuai dengan kebutuhan mereka, terlebih para penyandang disabilitas memiliki treatment yang berbeda-beda," jelasnya.

"Kita ingin semua spektrum terfasilitasi. Kami selalu sampaikan, bila empat unsur masyarakat yang terdiri dari penyandang disabilitas, lansia, anak-anak dan perempuan terfasilitasi, insyaallah elemen rakyat yang lain juga terfasilitasi,” tandasnya.

Baca Juga: KND Bukti Nyata Pemerintah Lindungi Penyandang Disabilitas

Anies juga mengingatkan warga Jakarta agar menghindari sikap ableism yaitu perasaan dan cara pandang yang membuat kita seolah memiliki kelebihan di atas para penyandang disabilitas.

"Kita harus hindari ableism, perasaan bahwa semua itu memiliki kelebihan di atas penyandang disabilitas. Semua memiliki kesetaraan, kesamaan, hanya terdapat kebutuhan yang berbeda-beda. Nah, prinsip ini yang diadopsi di Jakarta. Maka dari itu, saya apresiasi MRT yang sudah memfasilitasi,” pesannya.

Direktur utama PT MRT Jakarta William Sabandar menambahkan, ada tiga stasiun yang dipasang DINA, yakni Stasiun Lebak Bulus, Blok M, dan Bundaran HI. Nantinya, layanan ramah disabilitas ini akan dipasang di seluruh stasiun.

"Hari ini kami mengoperasikan layanan digital yang ramah disabilitas yang kita sebut dengan nama DINA. Inisiatif ini pertama di Indonesia, dan di dunia baru ada tiga negara yang mengaplikasikan, yakni Amerika Serikat, Kanada, dan Hongkong,” jelas William.

Baca Juga: MRT Jakarta Targetkan 40.000 Penumpang Per Hari

William mengatakan DINA merupakan inisiatif yang didasarkan pengalaman melayani penumpang selama ini. "Mereka transformasikan ke dalam sebuah teknologi yang dapat melayani semua pelanggan tetapi amat ramah disabilitas, karena dengan adanya teknologi video call, operator yang bertugas pada operation center di HI ini bisa berkomunikasi langsung dengan teman-teman penyandang disabilitas,” pungkas William.



Penulis: Yustinus Paat / FER
Sumber: BeritaSatu.com

#Anies Baswedan #Penyandang Disabilitas #MRT Jakarta #Pemprov DKI #Disabilitas

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

KSP Harus Optimalkan Lahan Perumahan Krakatau Steel Menjadi Lebih Modern

KIPI pada Anak Cenderung Lebih Rendah Dibanding Dewasa dan Lansia

Singapura Dukung Presidensi G-20 Indonesia

Digelar 14 Februari 2024, Ketua DPR Harap Persiapan Pemilu Bisa Lebih Matang

10.000 Lebih Kasus, Turunan Varian Omicron BA.2 Terdeteksi di 47 Negara

Bentrok di Maluku Tengah, 1 Polisi Alami Luka Tembak di Pipi

DPP PDIP Tak Pecat Arteria Dahlan, Ini Alasannya

30 Tahun Berselisih, Arab Saudi dan Thailand Pulihkan Hubungan Diplomatik

Epidemiolog: Negara Perlu Perkuat Pembatasan Sosial Cegah Peningkatan Covid-19

Jadi Calon Tunggal, Tedros Bakal Lanjutkan Pimpin WHO

BERITA TERPOPULER