Azas Tigor: Manajemen Transjakarta Perlu Dievaluasi Total

Jakarta, Beritasatu.com – Pengamat transportasi, Azas Tigor Nainggolan menyatakan manajemen PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) harus dievaluasi secara total. Pernyataan ini disampaikan Azas Tigor menanggapi kecelakan tunggal yang melibatkan armada bus Transjakarta dalam dua hari ini.

“Kita dorong agar Direktur Utama Transjakarta (Mochamad Yana Aditya) melakukan evaluasi total terhadap manajemen di bawahnya agar tidak terjadi lagi kecelakaan-kecelakaan selanjutnya,” kata Azaz Tigor Nainggolan, Jumat (3/12/2021).

Baca Juga: Bus Transjakarta Kecelakaan Lagi, Ini Komentar Pakar

Evaluasi total ini diperlukan lantaran Azas Tigor menilai masih terdapat orang-orang bermasalah di manajemen Transjakarta saat ini.

"Kalau dia tidak bermasalah, tidak mungkin terjadi kecelakaan seperti sekarang ini. Kecelakan beruntun yang terjadi ini merupakan puncak gunung es. Jadi, tugas Direktur Utama Transjakarta yang baru ini, untuk membersihkan manajemen dari orang-orang yang bermasalah, yang menjadi perusak layanan Transjakarta,” bebernya.

Selain manajemen, Azas Tigor juga meminta operator yang bekerja sama dengan Transjakarta untuk dievaluasi. Ditekankan, pemerintah berkewajiban menyediakan transportasi publik yang aman dan nyaman.

"Dalam konteks ini, penyedia layanannya dapat bekerja sama dengan swasta tapi pemerintah harus yakin betul pelayanan yang disediakan oleh pihak swasta itu adalah layanan yang aman, nyaman dan mudah diakses,” imbuhnya.

Baca Juga: Polisi: Tak Ada Jejak Rem Bus Transjakarta Tabrak Pos Lalin

Kalau perlu, tegas Azaz, manajemen Transjakarta memecat pejabat yang tidak bekerja dengan baik, tidak menjalankan standar operasional prosedur, standar pelayanan minimal sehingga mengakibatkan banyak kecelakaan.

Azas Tigor menilai hal yang wajar jika masyarakat menilai bus Transjakarta sudah tidak aman lagi buntut dari rentetan kasus kecelakaan belakangan ini.

Terkait dengan permintaan pencopotan Mochamad Yana Aditya sebagai Direktur Utama Transjakarta, Azas Tigor menilai permintaan itu tidak tepat. Hal ini mengingat Aditya baru bekerja sekitar sebulan sehingga belum mendapat kesempatan yang cukup untuk menunjukkan kinerjanya. 



Penulis: Mikael Niman / FFS
Sumber: BeritaSatu.com

#Transjakarta #Transjakarta Kecelakaan #Transjakarta Tabrak Pos Polisi #Transjakarta Dievaluasi #Azas Tigor Nainggolan

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

10.000 Lebih Kasus, Turunan Varian Omicron BA.2 Terdeteksi di 47 Negara

Bentrok di Maluku Tengah, 1 Polisi Alami Luka Tembak di Pipi

DPP PDIP Tak Pecat Arteria Dahlan, Ini Alasannya

30 Tahun Berselisih, Arab Saudi dan Thailand Pulihkan Hubungan Diplomatik

Epidemiolog: Negara Perlu Perkuat Pembatasan Sosial Cegah Peningkatan Covid-19

Jadi Calon Tunggal, Tedros Bakal Lanjutkan Pimpin WHO

Masyarakat Bekasi Bentuk Malidi sebagai Garda Terdepan Tumpas Hoax

Jaga Kerahasiaan Pengguna, Aplikasi Teman Diabetes Raih Sertifikasi

Mustika Ratu Harapkan Insentif Pengembangan Industri Ekstraksi

Tahapan Pemilu 2024

BERITA TERPOPULER