Kapolri Beri Penghargaan Dirlantas Polda Kaltim karena Inovasi SIM Internasional

Surabaya, Beritasatu.com - Kapolri Jenderal Pol Idham Azis memberi penghargaan pin emas kepada Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Kalimantan Timur Kombes Pol Singgamata atas terobosannya dalam pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) Iinternasional di era pandemi Covid-19.

Penghargaan itu diserahkan Kapolri secara virtual, Kamis (26/11/2020) lalu karena berhasil memangkas birokrasi dan waktu pengurusan SIM. Terobosan inovasi yang diluncurkan bertepatan Hari Bhayangkara ke-74 tahun 2020 saat dia menjabat Kasubdit SIM Direktorat Regident Korlantas Mabes Polri. Langlah itu adalah layanan prima kepada masyarakat di era adaptasi kebiasaan baru untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19 di ruang pelayanan publik. “Para pemohon SIM Internasional cukup mengakses secara online,” tutur Singgamata, Senin (30/11/2020).

Dengan sistem ini, lanjut dia, pembuatan SIM internasional dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Publik dapat mengakses lewat browser di ponsel atau komputer, hanya dengan menulis kata kunci SIM Internasional.

Baca Juga: Menteri PAN dan RB Apresiasi Inovasi dan Kerja Keras Korlantas Polri Layani Masyarakat

Setelah itu, mereka bisa masuk ke web siminternasional.korlantas.polri.go.id dan registrasi secara daring. Lalu, mengisi data diri dengan mengunggah foto SIM yang masih berlaku, Kartu Tanda Penduduk (KTP), paspor, foto KITAP khusus WNA, pas foto dengan warna latar belakang putih, dan foto tanda tangan.

Pemohon memilih cara pengambilan SIM internasional. Pengambilan dapat dilakukan dengan datang ke Kantor Pelayanan SIM internasional Korlantas Polri, atau dikirim ke rumah melalui jasa pengiriman PT Pos Indonesia atau Gojek. "Jadi, amat simpel. Pemohon cukup ikuti petunjuk-petunjuknya. Dan, SIM Internasional akan tiba di rumah. Kalau untuk masyarakat, jika bisa dipermudah, mengapa tidak," ungkapnya.

Sebagai perwira Singgamata mengaku terbuka dengan masukan dan selalu berinovasi di manapun ditugaskan terutama untuk memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan. Ketika menjabat Dirlantas Polda Sumatera Barat, dirinya juga membuat terobosan yakni, melibatkan pemda, tokoh masyarakat dan pedagang, mengatasi kemacetan di Jalan Lintas Padang-Bukittinggi via Kotobaru yang jadi langganan macet puluhan tahun, terutama saat musim mudik.



Penulis: Amrozi Amenan / WBP
Sumber: BeritaSatu.com

#SIM Internasional #Idham Azis #Dirlantas Polda Kaltim #Inovasi SIM #SIM

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Percepat Vaksinasi, Kemkes Tambah 80.000 Vaksinator

Petugas Lapas Lowokwaru Ungkap Penyelundupan 50 Paket Diduga Tembakau Gorilla dan Ganja

Ini Alasan Ibrahimovic Sebut Lukaku "Voodoo".

Anggota DPRD PSI Kota Manado Sumbangkan Gaji untuk Korban Banjir

Sekjen MUI: Ulama Dapat Dilibatkan dalam Mendeteksi Dini Radikalisme

Insentif Harga Gas Dongkrak Utilisasi Industri Kaca Lembaran

Osaka Bedding Buka Lowongan Kerja untuk Para Penjahit di Masa Pandemi

Curhat Biaya Transfer Antarbank, Bintang Emon Coba Suarakan Isi Hati Warganet

Istri Edhy Prabowo Diduga Kecipratan Aliran Dana Suap

Bio Farma Distribusikan 1,8 Juta Dosis Vaksin Tahap Dua untuk 900.000 Nakes

BERITA TERPOPULER