Petugas Lapas Lowokwaru Ungkap Penyelundupan 50 Paket Diduga Tembakau Gorilla dan Ganja

Malang, BeritaSatu.com - Petugas Lapas Kelas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Lowokwaru, Malang, Jawa Timur mengungkap upaya penyelundupan 50 paket tembakau diduga jenis gorila dan ganja yang akan dikirim ke tiga orang narapidana (napi). Untuk mengelabuhi petugas, 50 paket diduga narkoba tersebut dicampur dengan mendol (makanan tradisional khas Malang).

"Tiga Paket bungkus makanan itu dikirim secara drive thru sekitar pukul 11.50 WIB siang tadi. Paket ini gagal diselundupkan karena tertangkap Sinar X," kata Kepala Keamanan Lapas Kelas I Lowokwaru Malang, I Wayan Nurasta Wibawa kepada Wartawan, Rabu (27/1/2021) di Malang.

Menurut Wayan, setelah terdeteksi sinar X petugas langsung membuka isi paketan tersebut. Hasilnya, ditemukan 50 paket yang dicurigai berisi tembakau gorila dan ganja di campur mendol yang dibalut dengan lakban.

Baca JugaBNN Sumut Amankan 4 Penyelundup Narkoba di Bandara Kualanamu

"Barang ini tadi dikemas dalam bentuk makanan tradisional (mendol). Kita buka ternyata tembakau. Kami mencurigai tembakau ini, dan menduga ini tembakau gorila atau ganja. Karena kalau tembakau biasa kenapa harus disembunyikan?" ungkapnya.

Dari hasil penyelidikan, kata Wayan, 50 paket tembakau gorila dan ganja itu dikirim oleh tiga orang yang berbeda dengan nomor antrean 143, 150, dan 157 serta ditujukan kepada tiga orang napi berinisial AS, RW, dan YDP yang saat ini mendekam di dalam Lapas karena masalah peredaran narkotika. "Latar belakang ketiga warga binaan itu masalah narkotika, dan mendapatkan hukuman 7 tahun penjara dan baru menjalani selama 2 tahun," tandasnya.

Baca JugaPolres Madina Gagalkan Pengiriman 576 Kg Ganja Tujuan Jakarta

Wayan mengaku saat ini kasus temuan dugaan tembakau gorila dan ganja itu dilaporkan ke petugas kepolisian agar dilakukan penyelidikan. "Sekarang temuan ini kita serahkan ke Polres Malang Kota," pungkasnya.

Sementara itu, Kasat Resnarkoba Polresta Malang Kota, Kompol Anria Rosa Piliang menyatakan akan menyelidiki temuan paket yang diduga tembakau gorila dan ganja tersebut. Untuk memastikan paket tersebut jenis narkoba atau bukan, pihaknya akan membawanya ke laboratorium forensik (labfor).

"Kita tunggu hasil Labfor, jika terbukti narkoba, nanti langsung akan kita proses," ujarnya.



Penulis: Didik Fibrianto / JAS
Sumber: BeritaSatu.com

#Tembakau Gorila #Lapas Lowokwaru

BAGIKAN

BERITA TERKINI

Hindari Gempa Susulan, Ribuan Warga Yunani Tidur di Luar Rumah

Ditembak Peluru Tajam, 38 Demonstran Myanmar Tewas

PPnBM 21 Varian Mobil Didiskon, Komponen Lokal Xpander dan Livina Paling Besar

Lagi, MU Gagal Menang di London

Bursa AS Anjlok karena Saham Teknologi di Tengah Kenaikan Imbal Hasil

Bursa Eropa Bervariasi karena Imbal Hasil Obligasi dan Anggaran Inggris

Kemhub Siapkan Sejumlah Proyek Potensial Didanai LPI

Kejahatan Jalanan Naik-Turun, Polres Jakarta Selatan Tetap Waspada

Anies Ungkap 3 Prinsip Penanganan Covid-19 di Jakarta Selama Setahun

BI Kembali Selenggarakan Karya Kreatif Indonesia 2021

BERITA TERPOPULER