Kejaksaan Tangkap Buronan Pembobol Dana Pensiun Pertamina Rp 1,4 Triliun

 

Jakarta, Beritasatu.com - Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Agung (Kejagung) dibantu intelijen Kejati DKI Jakarta dan Kejari Jakarta Pusat menangkap buronan kasus korupsi dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) pembobolan dana pensiun PT Pertamina dengan kerugian negara ditaksir mencapai Rp 1,4 Triliun.

Kaspupenkum Kejagung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak, menjelaskan, penangkapan dilakukan pada Selasa (2/3/2021) sekitar pukul 21.30 WIB. Terpidana tindak pidana korupsi tersebut atas nama Bety yang merupakan Komisaris Utama PT Sinergi Millenium Sekuritas. Yang bersangkutan juga merupakan Daftar Pencarian Orang (DPO) Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Pusat.

Baca Juga: Dana Pensiun Pertamina Jual Saham Elnusa

"Bety merupakan terpidana perkara tindak pidana korupsi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) pembobolan dana pensiun pada PT Pertamina (Persero) yang mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp 1,4 Triliun," kata Leonard, di Jakarta, Rabu (3/3/2021).

Berdasarkan Putusan Mahkamah Agung (MA) Nomor: 2496 K/Pid.Sus/2020 tanggal 9 September 2020, terdakwa Bety terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pdana korupsi secara bersama-sama dengan Muhammad Helmy Kamal Lubis dan Edward Seky Soryadjaya.

Oleh karena itu, terdakwa dijatuhi pidana penjara selama 5 tahun dan denda sebesar Rp 200 juta subsider 6 bulan pidana kurungan serta dihukum membayar uang pengganti sebesar Rp777.331.427 yang dikompensasikan dengan uang yang telah dikembalikan oleh Terdakwa kepada Negara dengan jumlah yang sama.

Baca Juga: Kasus Asabri, Kejagung Periksa Tujuh Saksi

Kasi Penkum Kejati DKI Jakarta Ashari Syam menjelaskan, pada Rabu (3/3/2021) terpidana dieksekusi di Lapas Perempuan Klas IIA Pondok Bambu, Jakarta Timur oleh Jaksa pada Kejari Jakarta Pusat. 

 



Penulis: Yeremia Sukoyo / CAH
Sumber: BeritaSatu.com

#Kejaksaan #Dana Pensiun Pertamina #Pertamina

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Asosiasi Rumah Sakit Apresiasi Kecepatan Aparat Usut Kasus Penganiayaan Perawat

Pasang Target Rp 320 T, Kemperin Pacu Investasi Sektor Elektronik

LSI: 25,4% PNS Anggap Korupsi di Indonesia Menurun

Waskita Rombak Jajaran Dewan Komisaris dan Direksi

AS dan Tiongkok Setuju Atasi Segera Krisis Iklim

Umat Islam di Beijing Rayakan Ramadan dengan Bakti Sosial

PDIP Minta Pemerintah Revisi PP 57/2021

Coba Kabur, Kapal Ikan Ilegal Malaysia Ditangkap KKP

52,7% Warga Sasaran di Bogor Telah Divaksinasi Covid-19

Castro Mengundurkan Diri sebagai Ketua Partai Komunis

BERITA TERPOPULER