LSI: 25,4% PNS Anggap Korupsi di Indonesia Menurun

Jakarta, Beritasatu.com - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei terkait persepsi korupsi, demokrasi, dan toleransi di kalangan PNS. Dalam hasil survei diketahui, ada sebanyak 25,4% PNS yang menganggap korupsi di Indonesia menurun.

"Secara umum, persepsi PNS terkait korupsi cenderung positif. Sebanyak 34,6% menilai meningkat, 25,4% menurun, 33,9% tidak ada perubahan," kata Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI), Djayadi Hanan, dalam rilis survei "Tantangan Reformasi Birokrasi: Persepsi Korupsi, Demokrasi, dan Toleransi di kalangan PNS", di Jakarta, Minggu (18/4/2021).

Baca Juga: Ini Langkah Sri Mulyani Cegah Korupsi Pengelolaan Keuangan Negara

Untuk lokasi di mana sering terjadi korupsi di lingkungan PNS, sebanyak 47,2% responden menjawab bidang pengadaan, bagian perizinan usaha sebanyak 16%, bagian keuangan sebanyak 10,4%, bagian pelayanan sebanyak 9,3%, bagian personalia sebanyak 4,4%, dan bagian lainnya sebanyak 1%.

Selanjutnya, terkait faktor apa yang mempengaruhi PNS menerima uang/hadiah, sebanyak 49% menjawab kurangnya pengawasan, 37,1% adanya kedekatan dengan pemberi uang, 34,8% adanya campur tangan politik yang berkuasa, dan sebanyak 26,2% menganggap gaji rendah.

Di dalam hasil survei juga disebutkan, ada sebanyak 26,2% PNS menganggap korupsi di lingkungannya terjadi karena adanya penggunaan wewenang untuk kepentingan pribadi. Sedangkan sebanyak 22,8% menjawab kerugian negara dan masalah sertifikasi sebesar 19,9%.

Dalam survei kali ini, LSI melibatkan sebanyak 1.201 PNS untuk menjadi responden. Mereka diwawancarai dalam periode 3 Januari-31 Maret 2021. Untuk populasi PNS yang disurvei mencakup PNS di 14 provinsi dan menggunakan metode multistage random sampling melalui wawancara tatap muka.



Penulis: Yeremia Sukoyo / IDS
Sumber: BeritaSatu.com

#PNS #Korupsi #LSI #Lembaga Survei Indonesia

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Sundulan Kiper Alisson Jaga Asa Liverpool Lolos ke Liga Champions

Lusa, MKD DPR Gelar Pleno Bahas Azis Syamsuddin

Tahanan BNN Sumut Kabur Setelah Siram Petugas dengan Air Cabai

Pengganti Zidane, Nama Raul dan Joachim Low Masuk Daftar

Puncak Pergerakan Pengguna KRL Masa Libur Lebaran pada Siang Hari

Enam Desa di Aceh Tenggara Diterjang Banjir Bandang

Lima Gol di Selhurst Park, Palace Tumbangkan Villa

Menengok Penampilan Masa Muda Crazy Rich asal Malang

Babak I, West Bromwich vs Liverpool Bermain Imbang

Banjir di Nagan Raya, Ratusan Rumah di 6 Desa Masih Terendam

BERITA TERPOPULER