Percepat Pembangunan di Papua, Mensos Optimalisasi Koperasi

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini akan mengoptimalisasikan program dari Kementerian Sosial (Kemsos) untuk mempercepat pembangunan di Papua. Salah satunya adalah pemberdayaan sosial melalui koperasi

Ini sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo kepada seluruh jajarannya agar melakukan sinergitas di antara Kementerian/Lembaga (K/L) dalam upaya percepatan pembangunan di Papua dengan menggandeng pemerintah daerah (pemda) sehingga masyarakat bisa segera merasakan kehadiran negara.

Baca Juga: Mensos Siap Tindak Tegas Penyalur Bansos yang "Nakal"

“Kami sudah terima proposal yang berisi usulan program-program pembangunan infrastruktur seperti untuk rumah, namun untuk pemberdayaan sosial belum ada sehingga perlu ditambahkan untuk memudahkan pengkajian, ” ujar Mensos dalam Rapat Koordinasi dengan topik, "Membangun Bersama", yang dihadiri oleh Menteri PUPR dan Kepala BNPB yang digelar secara daring di Jakarta, Jumat (30/7/2021).

Optimalisasi program dari Kemsos yang terkait dengan pemberdayaan sosial sebelumnya akan dilakukan pematangan dan pencocokan data dengan BNPB dan Kementerian PUPR agar nanti bisa komprehensif. Ada pula pembagian tugas dengan BNPB dan Kementerian PUPR sehingga tidak hanya fokus pada bantuan pandemi Covid-19 tetapi juga pada program pemberdayaan sosial.

“Iya, mungkin Senin-Selasa kita akan matangkan sambil mengkomunikasikan dengan pihak-pihak terkait berbagai usulan kendati pemberdayaan sosial belum masuk dalam proprosal. Mohon dikirimkan walaupun selembar kertas dan ditulis tangan tidak apa-apa, termasuk usulan lahan dengan site plan yang nanti akan dicek aturannya dan peruntukannya seperti apa, ” kata Mensos.

Baca Juga: Mensos Risma Beberkan Tiga Langkah Strategis Bansos

Dalam praktik pengelolaan program pemberdayaan sosial, Mensos meminta agar bentuk usaha bersama-sama, yakni koperasi keuntungannya bisa dirasakan oleh semua anggota serta masyarakat di sekitar koperasi berada.

“Program dari Kemsos yang terkait dengan pemberdayaan sosial berupa berbagai pelatihan keterampilan seperti bengkel, ragam peternakan seperti ternak babi, usaha sembako, minimarket dan lain sebagainya yang disesuaikan dengan kondisi masyarakat setempat,” ungkap Mensos.

Terkait usulan dari lahan yang kelak bisa digunakan sebagai tempat pelatihan pemberdayaan sosial, Mensos mengatakan akan mendiskusikannya terlebih dulu. 

“Semuanya akan diskusikan dulu, tapi intinya kami mendukung. Pertama, bantuan untuk pandemi Covid-19. Kedua, menyongsong kegiatan PON. Ketiga, untuk pemberdayaan sosial masyarakat agar lebih berdaya serta bisa hidup lebih sejahtera,” pungkas Mensos.



Penulis: Hendro D Situmorang / IDS
Sumber: BeritaSatu.com

#Papua #Mensos #Tri Rismaharini #Koperasi

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Pandemi Buat Keuangan Juventus Catat Rekor Kerugian

OJK dan SRO Dapat Penghargaan dari Pemkot Surabaya

Tenggelam di Perairan Nusakambangan, Kapal Kemkumham Angkut 2 Truk Proyek

Festival Foodpreneur Bersinar Dorong Potensi Bisnis Kuliner Perempuan Indonesia

Penting, Ini Syarat yang Harus Diperhatikan Saat Berwisata ke Ancol

Leani Ratri Oktila Terima Bonus Rp 13,5 Miliar dari Pemerintah

Ini Kunci Erick Thohir Rampingkan Jumlah BUMN

Presiden Jokowi Diminta Tidak Intervensi Pegawai KPK yang Tak Lolos TWK

Pertemuan G20, Indonesia Dukung Pertanian Afrika Capai Target SDGs

Menko PMK: Selain Covid-19, Malaria Patut Diwaspadai Saat PON

BERITA TERPOPULER