Pemerintah Pusat Kirim 50 Konsentrator Oksigen untuk Papua

Jayapura, Beritasatu.com - Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua menyatakan Kementerian Koordinator (Kemko) Bidang Perekonomian dan Kementerian Kesehatan (Kemkes) RI akan membantu sebanyak 50 unit konsentrator oksigen untuk Provinsi Papua.

Ketua Harian Satgas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua Welliam R. Manderi di Jayapura, Minggu (1/8/2021), mengatakan dengan adanya 50 unit konsentrator tersebut, diharapkan rumah sakit dapat memproduksi oksigen sendiri.

"Bantuan 50 unit konsentrator oksigen ini akan ditindaklanjuti oleh pihak kesehatan guna melihat kebutuhan di masing-masing daerah seperti apa," katanya.

Baca Juga: Kemperin Siapkan 500 Fasilitas Isoman Dilengkapi dengan Konsentrator Oksigen

Konsentrator oksigen adalah perangkat yang memusatkan oksigen dari pasokan gas dengan secara selektif menghilangkan nitrogen untuk memasok aliran gas produk yang diperkaya oksigen.

Menurut Manderi, pihaknya juga telah membentuk satgas oksigen guna bertanggung jawab langsung atas kebutuhan oksigen, di mana akan menindaklanjuti dan melaporkan kondisi serta kebutuhan yang diperlukan.

Baca Juga: Guru Besar UI Minta Audit Kasus Kematian Covid-19 di Indonesia

"Sedangkan anggaran untuk penanganan Covid-19 tahun ini tersedia sebanyak Rp 150 miliar yang akan digunakan untuk kegiatan prioritas," ujarnya.

Dia menjelaskan anggaran ini akan digunakan untuk bantuan oksigen, penyediaan karantina terpusat, rumah sakit khusus Covid-19, peralatan hingga penanganan dari dampak Covid-19.

"Dalam anggaran ini juga mungkin akan digunakan untuk penyaluran bantuan sosial (bansos) khususnya bagi masyarakat yang berada di wilayah diperketat," katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya juga masih akan membahas terkait pemberlakuan PPKM bersama Gubernur Papua Lukas Enembe dan jajaran forkompimda melalui pertemuan virtual yang direncanakan digelar pada Senin (2/8/2021) untuk memutuskan kondisi pembatasan selama Agustus 2021.



Penulis:  / FMB
Sumber: ANTARA

#Kemko Perekonomian #Kementerian Kesehatan #Papua #Covid-19 #Konsentrator Oksigen

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Maman: Beragama dan Bernegara dalam Satu Napas NKRI untuk Lawan Ideologi Transnasional

Sidang Perdana Perkara Suap 2 Eks Pejabat Ditjen Pajak Tunggu Jadwal Pengadilan

PPK Kemayoran Konsisten Memanfaatkan Wisma Atlet sebagai Satu RSD Covid-19

Mengejutkan, Conor McGregor Bisa Kembali Naik Octagon Akhir Tahun Ini

Jawa Barat Ekspor Ubi Jalar ke Pasar Singapura

Jadi Pusat Vaksin Global, Puan: Indonesia Dapat Banyak Manfaat

Keberagaman di Indonesia Anugerah dari Tuhan

Pakar: Vonis Gugatan Polusi Udara Jakarta, Bukan Solusi Perbaiki Lingkungan

Masterpiece Auction Lelang Karya-karya Maestro Asia Tenggara

Wagub DKI: Kelanjutan Bansos Tunai Tunggu Keputusan Pemerintah Pusat

BERITA TERPOPULER