Bupati Kediri: Mayoritas Warga Meninggal Saat Isoman

Kediri, Beritasatu.com - Bupati Kediri, Jawa Timur, Hanindhito Himawan Pramana mengungkapkan angka kematian akibat Covid-19 di daerahnya masih cukup tinggi, dan mereka yang meninggal dunia mayoritas adalah pasien yang melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah.

"Tingkat kematian kemarin sempat tinggi, sehari 30 kematian. Sekarang turun. Kemarin tinggi (kematian), banyak warga yang datang ke rumah sakit terlambat, saturasi 70%. Ini sudah dalam kondisi tidak baik dan ini yang menjadi masalah," kata Hanindhito di Kediri, Rabu (25/8/2021).

Ia mengatakan, mayoritas warga yang meninggal dunia kematian didominasi pasien isoman dan saat dirujuk ke rumah sakit kondisinya sudah kritis.

Hingga kini masih banyak warga Kabupaten Kediri yang memilih isolasi mandiri. Untuk jumlahnya ada sekitar 700 sampai 800 warga di kabupaten itu.

"BOR (bed occupancy ratio) sudah turun, tetapi isoman belum turun dan masih cukup banyak. Kami upayakan kerja sama lintas sektoral baik dengan TNI-Polri, satgas desa, dan kecamatan untuk pergeseran warga yang isoman ke isoter (isolasi terpusat) di desa supaya bisa terpantau," kata Hanindhito.

Baca Juga: Awasi Pasien Isoman, KLHK Gunakan Strategi "Satu Jaga Satu"

Pihaknya sudah meminta agar warga yang isoman mau dibawa ke lokasi isoter yang sudah disiapkan oleh pihak desa. Di tempat itu, warga akan mendapatkan perawatan serta kesehatannya juga terus dipantau petugas.

"Saya ngotot pindahkan ke isoter, supaya bisa terpantau. Jangan sampai kematian meningkat, karena warga merasa isoman dan begitu memburuk ke rumah sakit," kata dia.

Pemerintah kabupaten, katanya, juga akan membantu bahan pokok bagi keluarga yang salah satu anggota keluarganya dirawat di tempat isolasi terpusat.

Pemkab Kediri, kata dia, terus berupaya menambah fasilitas perawatan bagi warga yang terkonfirmasi positif Covid-19. Selain menambah fasilitas tempat tidur di rumah sakit, juga di lokasi isolasi terpusat.

Bahkan, saat ini juga sudah diresmikan paviliun VVIP khusus Covid-19 RS SLG Kabupaten Kediri. Ada 66 tempat tidur yang bisa merawat para pasien.

Baca Juga: Epidemiolog: Pasien Isoman Berpotensi Timbulkan Klaster Keluarga

Untuk rumah sakit darurat, pihaknya masih mengkaji. Rencananya, Gedung SKB Kediri yang terletak di Kecamatan Tarokan akan dijadikan lokasi rumah sakit darurat sementara.

"SKB masih kami tinjau perlu atau tidaknya. Jangan sampai yang dibutuhkan justru isoter lebih efisien," kata dia.

Di Kabupaten Kediri, hingga Rabu ini, terdapat 13.058 orang terkonfirmasi positif Covid-19. Ada 11.149 orang telah sembuh, 1.079 orang telah meninggal dunia, dan 830 orang masih dirawat.



Penulis:  / JEM
Sumber: ANTARA

#Isoman #Isoman Covid-19 #Isolasi Mandiri Covid-19 #Meninggal Dunia #Bupati Kediri #Hanindhito Himawan Pramana #Kediri #Jatim

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Pemkot Tangerang Uji Coba Penerapan PeduliLindungi di Dua Pasar Tradisional

IHSG Cenderung Flat di Sekitar Garis Datar pada Awal Sesi

Pilih Tiongkok, 5 Pesepakbola Top Ini Rela Hengkang demi Uang

IHSG Rawan Koreksi, Pantau AGRO, SAME, FREN, dan ACES

Hapuskan Ketentuan Swab PCR Saat Naik Pesawat Menggema di Media Sosial

Piala Liga: Chelsea ke Perempat Final, Tuchel Lega

Fokus Pasar: Prospek CPO Curi Perhatian Investor

2035, Singapura Akan Impor 30% Energi dari Sumber Rendah Karbon

Harga PCR Sebaiknya di Bawah Rp 200.00 dan Diberlakukan di Semua Moda

Bertemu Gubernur Kalbar, Wanita Emas Bicarakan Sosialisasi Ekonomi Digital

BERITA TERPOPULER