KKB Bakar Puskesmas dan Tempat Tinggal Nakes di Kiwirok, Papua

Jayapura, Beritasatu.com - Selain menganiaya tenaga kesehatan (nakes), kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua juga dilaporkan melakukan aksi sangat brutal dengan membakar puskesmas serta rumah tempat tinggal para nakes di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Hal itu diungkapkan Marselinus Ola Atanila (35 tahun) seorang nakes yang selamat  dari penyerangan itu. Ia bersama 10 orang lainnya berhasil dievakuasi dari Distrik Kiwirok ke Jayapura dengan menggunakan helikopter milik TNI AU, Jumat, 17 September 2021.

Saat tiba di Lapangan Makodam XVII Cenderawasih di Jayapura, Marselinus mengisahkan insiden yang dialami dirinya bersama rekan-rekannya di Kiwirok.

"Awalnya kami sudah mendengar ada rencana penyerangan ke Pos TNI AD, sehingga kami tetap berada dan bersembunyi di puskesmas," kata Marselinus.

Baca Juga: Penyerangan KKB di Kiriwok, Kemkes Ungkap 8 Nakes Lolos dari Maut

Namun secara tiba-tiba, kata Marselinus, KKB melakukan penyerangan melempari puskesmas dengan batu dan membakar puskesmas dan rumah yang menjadi tempat tinggal para nakes.

Saat itu, Marselinus bersama tiga nakes perempuan langsung lari menyelamatkan diri. Di antara tiga nakes perempuan itu, adalah Gabriella Meilani (22 tahun). Gabriella disebutkan memutuskan terjun ke jurang yang ternyata tetap dikejar dan dianiaya sehingga akhirnya meninggal dunia

"Bahkan rekan wanita dianiaya termasuk almarhum Gabriela Meilani," kata Marselinus dengan tersedu-sedu mengisahkan perjuangan diri dan rekan-rekannya yang berhasil selamat dari kejadian tersebut.

Diungkapkan, perbuatan yang dilakukan kelompok itu di luar batas kemanusiaan. Menurut Marselinus, pakaian rekan-rekan nakes wanita dilepas dengan kasar bahkan ada yang menggunakan senjata tajam.

"Aksi mereka benar-benar brutal bahkan hingga kini seorang rekan yakni Gabriel Sokoy belum diketahui nasibnya," katanya.

Baca Juga: Nakes Gabriella Tewas di Jurang dalam Insiden Serbuan KKB di Kiwirok, Papua

Marselinus didampingi keempat rekannya termasuk dokter puskesmas dokter Restu Pamanggi yang mengalami luka di tangan akibat dipukul benda tumpul saat berupaya menyelamatkan dirinya.

Dalam evakuasi itu, terdapat 9 tenaga kesehatan yakni Lukas Luji, Marthinus Deni Setya, Siti Khotijah, dr Restu Pamanggi, Marselinus Ola Atanila, Patra, Emanuel Abi, Katrianti Tandila, dan Kristina Sampe Tonapa. Satu orang lainnya adalah Pratu Ansar, anggota Yonif 403/WP, yang mengalami luka tembak di lengan kanannya.

Saat ini ke-10 korban juga sedang dirawat di Rumah Sakit (RS) Marthen Indey, Jayapura, Papua.



Penulis:  / JEM
Sumber: ANTARA

#Nakes Gabriella #Gabriella Meilani #Nakes Tewas di Kiwirok #Pegunungan Bintang #Papua #KKB #KKB Bakar Puskesmas

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Adhi Karya Terima Financial Close Rp 420 Miliar untuk Preservasi Jalintim Riau

KPK Patahkan Klaim Azis Syamsuddin Pinjami Uang Stepanus Robin untuk Pengobatan Covid-19

Priscilla Hertati Jagokan Stamp Fairtex Menangkan Grand Prix

Musim Penghujan Kabupaten Bogor Keadaan Awas Bencana

Kembali Digugat PKPU, Ini Tanggapan Garuda Indonesia

Tabrakan Maut Antarbus, Wagub Riza Sebut Tidak Mudah Jadi Sopir Transjakarta

Asproksi Bekasi Diharapkan Berkontribusi Tingkatkan Standar Produk Kesehatan

Sejalan Mata Uang Asia, Awal Perdagangan Rupiah Melemah 20 Poin

Cerita Bima Arya Minta Tips Bangun Kota Bahagia ke Dubes Finlandia

Bisnis Makanan dan Minuman Rendah Kalori Mampu Bertahan Saat Pandemi

BERITA TERPOPULER