Pakar: Vonis Gugatan Polusi Udara Jakarta, Bukan Solusi Perbaiki Lingkungan

 

Jakarta, Beritasatu.com - Pakar lingkungan dari Universitas Indonesia (UI), Mahawan Karuniasa menilai, memvonis lima pejabat negara bersalah atas polusi udara di Ibu Kota Jakarta, bukan suatu solusi untuk memperbaiki lingkungan agar menjadi lebih baik lagi.

"Cara gugatan seperti ini sudah usang dan tak dipakai lagi. Sebaiknya kita semua kedepankan kerja sama satu pihak dengan yang lain, pemerintah, legislatif, media, sektor swasta dan akademisi harus bekerjasama untuk membenahi lingkungan kita. Ingat, gugatan bukan suatu solusi untuk memperbaiki lingkungan kita sendiri,” katanya kepada Beritasatu.com, Jumat (17/9/2021).

Menurutnya melihat dari akar penyebab pencemaran mayoritasnya contoh yang paling mudah adalah 70% pencemaran udara di Ibu Kota Jakarta itu disumbang oleh asap dari alat transportasi. Solusi yang perlu dilakukan guna memperbaiki udara Jakarta agar lebih baik lagi adalah transportasi harus ramah lingkungan. Hal ini yang perlu ditekankan untuk mengatasi Jakarta.

Baca Juga: Soal Vonis Gugatan Polusi Udara Jakarta, Ini Respons Kemkes

“Hal ini relevan dengan penyediaan transportasi umum yang layak dan bersahabat. Ini yang perlu dikembangkan pihak Pemda DKI Jakarta dalam menekan transportasi umum. Tentu ini jadinya bisa mengurangi frekuensi kendaraan pribadi dan secara otomatis mengurangi polusi,” ungkap Mahawan.

Tetapi, lanjut dia, tentu saja yang disasar bukan untuk membatasi mobilitas. Diakui mobilitas masyarakat tetap berjalan, karena kegiatan masyarakat tidak dapat dihambat, tetapi transportasi dan pembatasan kendaraan pribadi itu, dapat dilakukan tanpa membatasi mobilitas.

Ia menyatakan apabila DKI Jakarta mau menjadi contoh kota dengan kendaraan yang ramah lingkungan perlu upaya yang sangat besar dan terukur. Tentunya kalau mau jadi contoh akan sangat banyak "PR" Jakarta dan sudah saatnya Jakarta melakukan perubahan yang drastis terkait transportasi.

Baca Juga: Ini Alasan Pemprov Tak Ajukan Banding Soal Gugatan Polusi Udara

 

“Cepat atau lambat persoalan kendaraan dengan tenaga listrik, transportasi umum, busway juga harus dipercepat berbasis energi yang ramah lingkungan. Begitu juga kendaraan listrik harus dipercepat di Indonesia segera,” tutup Mahawan Karuniasa.

Sebelumnya Majelis Hakim PN Jakarta Pusat memvonis lima pejabat negara bersalah atas polusi udara di Ibu Kota. Kelimanya yakni Presiden, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Kesehatan, Menteri Dalam Negeri, dan Gubernur Provinsi DKI Jakarta.

Gugatan perdata itu diajukan Gerakan Inisiatif Bersihkan Udara Koalisi Semesta (Ibu Kota) terkait polusi udara Jakarta dan sekitarnya. Hakim menyatakan para tergugat dalam perkara ini, melakukan perbuatan melawan hukum terkait penanganan polusi udara.



Penulis: Hendro D Situmorang / WM
Sumber: BeritaSatu.com

#Gugatan Polusi Udara Jakarta #Pencemaran Lingkungan #Kualitas Udara #Polusi Udara #PN Jakpus #Solusi Perbaikan Lingkungan #Mahawan Karuniasa

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Kembali Digugat PKPU, Ini Tanggapan Garuda Indonesia

Tabrakan Maut Antarbus, Wagub Riza Sebut Tidak Mudah Jadi Sopir Transjakarta

Asproksi Bekasi Diharapkan Berkontribusi Tingkatkan Standar Produk Kesehatan

Sejalan Mata Uang Asia, Awal Perdagangan Rupiah Melemah 20 Poin

Cerita Bima Arya Minta Tips Bangun Kota Bahagia ke Dubes Finlandia

Bisnis Makanan dan Minuman Rendah Kalori Mampu Bertahan Saat Pandemi

Pagi dan Sore Ini Jakarta Diguyur Hujan

BPBD Minta Warga Laporkan Bila Ada Bencana yang Terjadi di Kota Tangerang

Kemtan Raih Penghargaan Tertinggi Keterbukaan Informasi Publik 2021

Pemkot Tangerang Uji Coba Penerapan PeduliLindungi di Dua Pasar Tradisional

BERITA TERPOPULER