Venna Melinda Dorong Perempuan Berpartisipasi dalam Kancah Politik

Jakarta, Beritasatu.com - Mantan anggota DPR Venna Melinda mendorong perempuan Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam perpolitikan di Tanah Air

“Kita perlu perempuan-perempuan Indonesia menjadi anggota DPR, gubernur, wali kota, atau siapa pun karena Indonesia (menganut) trias politika,” kata Venna Melinda dalam acara Ngopi Daring Bela Negara yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan (Ditjen Pothan Kemhan) yang disiarkan langsung di kanal Youtube Kemhan, Rabu (22/9/2021).

Ia berpandangan apabila perempuan terlibat dalam perpolitikan Indonesia, maka semangat cinta Tanah Air dan bela negara dapat lebih digencarkan.

Selain itu, berpartisipasi dalam politik, khususnya menjadi anggota DPR merupakan kesempatan bagi perempuan untuk bersuara di parlemen dan menjadi bagian dari pembuat kebijakan dan keputusan.

Baca Juga: Prabowo: Kemhan Lakukan Upaya Proaktif Dukung Penanganan Covid-19

“Pemerintah kita sudah membuka keterwakilan 30 persen perempuan di dalam parlemen, tetapi tidak banyak perempuan Indonesia yang punya keberanian untuk maju sebagai decision maker (pembuat keputusan),” tutur pemenang kontes Puteri Indonesia 1994 ini.

Oleh karena itu, ia dengan aktif mendorong perempuan-perempuan Indonesia untuk lebih berani berpartisipasi dalam politik dan menyuarakan aspirasi di dalam parlemen.

“Jangan jadi outsider. Jadi decision maker. Kalau ingin tahu negara ini seperti apa, kamu harus berpartisipasi,” ujar dia.

Baca Juga: Empat dari 24 Pegawai KPK Gagal TWK Tak Bersedia Dibina Kemhan

Dalam kesempatan tersebut turut hadir pula Dewi Motik Pramono yang merupakan tokoh wanita Indonesia dan juga pencetus Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi).

Peran sentralnya yang aktif dalam memajukan Indonesia melalui berbagai karyanya ini juga turut menyisipkan prinsip bela negara di dalam setiap usahanya.

“Untuk para generasi muda supaya mereka lebih semangat lagi, caranya cukup sederhana. Selama apa yang kau lakukan banyak berguna untuk orang lain, maka ya kerjain dan ini untuk negara,” ujar Dewi Motik memberi pesan.

Dalam kesempatan tersebut Direktur Bela Negara Direktorat Jenderal Potensi Keamanan (Dirjen Pothan) Kemhan Brigjen Jubei Levianto turut mengapresiasi bagaimana peran pengusaha dalam membangkitkan semangat ekonomi melalui kapasitasnya masing-masing. Tak hanya bermotif ekonomi, tetapi usaha-usaha yang diperjuangkan juga turut memuat nilai-nilai sosial dan kemanfaatan bagi masyarakat dan bahkan negara.



Penulis:  / BW
Sumber: ANTARA

#Venna Melinda #Kancah Politik #Bela Negara #DPR

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Program Cetak Sawah Libatkan TNI AD Gagal, Ini Pandangan Pengamat

Polisi Sudah Periksa 5 Orang Terkait Kecelakaan Bus Transjakarta

Pemerintah Dorong Digitalisasi untuk Akselerasi Pemulihan UMKM

DKI Kembali Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik

Adhi Karya Terima Financial Close Rp 420 Miliar untuk Preservasi Jalintim Riau

Ekonomi Jakarta Mulai Pulih, Anak Buah Anies Usulkan Rancangan APBD 2022 Senilai Rp 80,15 Triliun

KPK Patahkan Klaim Azis Syamsuddin Pinjami Uang Stepanus Robin untuk Pengobatan Covid-19

Priscilla Hertati Jagokan Stamp Fairtex Menangkan Grand Prix

Musim Penghujan Kabupaten Bogor Keadaan Awas Bencana

Kembali Digugat PKPU, Ini Tanggapan Garuda Indonesia

BERITA TERPOPULER