Waspada, Cuaca Ekstrem Akan Terjadi di 24 Wilayah Ini

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini agar waspada akan cuaca ekstrem untuk curah hujan sedang hingga lebat yang diperkirakan terjadi di 24 wilayah di Tanah Air pada Selasa (26/10/2021).

"Perlu diwaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau badai petir, guntur dan peningkatan angin kencang yang bisa mengakibatkan pohon tumbang, longsor dan banjir," demikian pernyataan Kedeputian Bidang Meteorologi BMKG.

Baca Juga: Peralihan Musim, BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem 10 Hari ke depan

Berikut daftar peringatan dini BMKG untuk hari ini yakni ada di kawasan Aceh, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara dan Lampung.

Cuaca serupa juga berpotensi di Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan Sumatera Utara.

Suhu udara pada hari ini di Tanah Air berkisar mulai dari 19 derajat hingga 37 derajat celsius dengan kelembaban udara 45 - 100 %.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari selatan hingga barat dengan kecepatan angin berkisar 4 - 20, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari timur hingga selatan dengan kecepatan angin berkisar 4 - 25 knot.

Baca Juga: BMKG: Sepekan ke Depan, Bogor Dilanda Cuaca Ekstrem

Waspada tinggi gelombang lebih dari 2,5 meter yang berpeluang terjadi di Selat Sunda bagian selatan, Selat Bali bagian selatan dan Selat Lombok bagian selatan.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," demikian peringatan BMKG untuk wilayah pesisir di Indonesia.

 



Penulis: Hendro D Situmorang / CAH
Sumber: BeritaSatu.com

#BMKG #Cuaca Ekstrem #Hujan Deras

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Varian Omicron Mengancam Pemulihan Ekonomi Dunia

Prima Protect Plus Bagikan Paket Sanitasi untuk Mitra Grab

Brasil Sudah Vaksinasi Covid 90% Populasi

Pemberdayaan Masyarakat, PT TCM Gandeng ISSF

Bus Terbakar di Tol Semarang-Solo

Pemerintah Siapkan Bonus untuk Tim Piala Thomas 

Iran Nyatakan Tuntutan Kesepakatan Nuklir

Kongres JKPI Tetapkan 8 Ibu Kota Kebudayaan

Airlangga Apresiasi Polri Dukung Kebijakan Pemerintah

Usut Pelanggaran HAM di Piniai, Kejagung Harus Transparan

BERITA TERPOPULER