Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Dilaporkan ke Kejagung

Jakarta, Beritasatu.com - Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) melaporkan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Lili Pintauli Siregar Kejaksaan Agung (Kejagung). Pelaporan ini terkait dugaan keterlibatan Lili dalam kasus suap pengurusan perkara korupsi di Pemkot Tanjungbalai.

"Kami masukkan (laporan ke Kejagung) hari ini," kata Koordinator MAKI, Boyamin Saiman dalam keterangannya, Jumat (3/12/2021).

Boyamin menduga Lili berkomunikasi dengan pihak yang sedang berperkara, yakni mantan Wali Kota Tanjungbalai M. Syahrial. Dalam laporannya, Boyamin menyertakan sejumlah berita media massa terkait kesaksian mantan penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju dalam persidangan. Stepanus merupakan terdakwa penerima suap dari Syahrial untuk mengurus perkara di KPK terkait dugaan korupsi yang menyeret namanya.

Baca Juga: Gaji Dipotong 40% Dewas KPK, Lili Pintauli Masih Kantongi Rp 87 Juta Per Bulan

Stepanus sudah mengajukan diri sebagai justice collaborator atau saksi pelaku yang bekerja sama dengan alasan telah membongkar keterlibatan Lili Pintauli dan pengacara bernama Arief Aceh alias Fahri Aceh.

Untuk itu, MAKI melaporkan Lili Pintauli ke Kejagung dengan sangkaan Pasal 36 juncto Pasal 65 UU KPK yang mengatur larangan bagi pimpinan KPK untuk berhubungan langsung/tidak langsung dengan pihak berperkara.

"Sedangkan di Pasal 65 menyebutkan, setiap anggota KPK yang melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 36, dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 tahun," kata Boyamin.

Baca Juga: Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Dilaporkan ke Bareskrim Polri

Sebelumnya Dewas KPK menyatakan Lili Pintauli melanggar dua kode etik selaku pimpinan lembaga antirasuah. 

Pertama, menggunakan pengaruhnya selaku insan KPK guna kepentingan pribadi. Yakni meminta Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial untuk membantu pembayaran uang jasa pengabdian saudaranya, Ruri Prihatini Lubis, yang pernah bekerja di PDAM Tirto Kualo di Tanjungbalai selaku plt direktur. Kedua, Lili dinyatakan terbukti menjalin komunikasi secara langsung dengan M Syahrial. Padahal, Syahrial saat itu tengah berstatus sebagai pihak yang berperkara di KPK.



Penulis: Fana F Suparman / FFS
Sumber: BeritaSatu.com

#KPK #Wakil Ketua KPK #Kejagung #Boyamin Saiman #Lili Pintauli Siregar

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Kembangkan Layanan, Bank Aladin Dilatih Tim Google

IPO, Saham Net TV Tercatat di BEI

IHSG Berbalik Melemah di Akhir Sesi I

Sudah Lebih 10.000 Kasus, Ini yang Baru Diketahui tentang Subvarian BA.2

2021, KPK Tangkap 123 Tersangka dengan Pengembalian Negara Rp 416,9 M

KSP Harus Optimalkan Lahan Perumahan Krakatau Steel Menjadi Lebih Modern

KIPI pada Anak Cenderung Lebih Rendah Dibanding Dewasa dan Lansia

Singapura Dukung Presidensi G-20 Indonesia

Digelar 14 Februari 2024, Ketua DPR Harap Persiapan Pemilu Bisa Lebih Matang

10.000 Lebih Kasus, Turunan Varian Omicron BA.2 Terdeteksi di 47 Negara

BERITA TERPOPULER