Kembangkan Pasar Gas Bumi, PGN Solution Gandeng SPHC

Semarang, Beritasatu.com - Guna mewujudkan penyediaan gas bumi untuk Jawa Tengah, PT PGN Tbk selaku Subholding Gas Pertamina menandatangani Head of Agreement (HoA) kerja sama dengan PT Jateng Petro Energi (Perseroda) (JPEN) mengenai pengembangan pasar gas bumi di wilayah Jawa Tengah.

HoA ditandatangani oleh Direktur Utama PGN M. Haryo Yunianto dan Direktur Utama JPEN Muhammad Iqbal, serta disaksikan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Jumat (3/12/21).

Baca Juga: PGN Siapkan Konversi Gas untuk Transisi Energi Terbarukan

PGN terus melakukan upaya penyiapan infrastruktur penyaluran gas bumi sebagai milestone pemenuhan kebutuhan energi di Jawa Tengah. Sebagai pilihan utama PGN telah mempersiapkan jaringan gas pipa untuk mengantarkan gas bumi sampai di lokasi pelanggan.

Sebagai turunannya, PGN pun telah menyiapkan CNG dan LNG dengan moda beyond pipeline untuk memenuhi kebutuhan pelanggan industri, komersial, dan rumah tangga PGN di Jawa Tengah.

Dalam acara yang sama, PT PGAS Solution sebagai bagian dari Subholding Gas bekerja sama dengan PT. Sarana Patra Hulu Cepu (SPHC) terkait jasa Engineering, Procurement and Construction (EPC), Operation and Maintenance (O&M) dan Supply Chain Management (SCM) Infrastruktur Energi untuk mendukung rencana pengembangan lanjutan di wilayah kerja Blok Cepu.

Kerja sama ditandai dengan penandatanganan HoA oleh Direktur Utama PGN Solution Erwin Simanjuntak dan Direktur Utama SPCH Wisnu Prabawa Taher, disaksikan oleh M. Haryo Yunianto dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

“HoA ini menjadi bagian dari upaya untuk memberikan kepastian untuk penyediaan infrastruktur dan pasokan gas bumi di Jawa Tengah. Semoga tahap-tahap selanjutnya dapat berjalan dengan baik seiring dengan upaya PGN dalam mengintegrasikan infrastruktur, sehingga distribusi gas bumi bisa lebih fleksibel dan handal. Harapannya, PGN mendapatkan dukungan dari Pemprov Jateng serta Pemerintah Kota/Kabupaten di Jawa Tengah,” kata Haryo.

Untuk mendukung pelaksanaan kerja sama, tentu akan dilakukan pertukaran data maupun informasi yang meliputi kondisi dan status demand, kebutuhan energi sebagai bahan baku atau bahan bakar, serta data-data lainnya.

Baca Juga: Kebutuhan Gas Meningkat, PGN Perkuat Infrastruktur dan Pasokan

Pengembangan kerjasama bisnis lainnya melibatkan anak perusahaan atau subsidiary PGN, seperti bisnis teknologi informasi, internet provider, fiber optic. Selain itu, pengembangan bisnis terkait kegiatan engineering gas bumi seperti operasi dan pemeliharaan, engineering procurement and construction (EPC) pipa distribusi, pipa servis, dan peralatan pelanggan PGN.

“Penandatanganan HoA ini merupakan suatu langkah kecil dan lompatan besar yang sangat berarti dalam memastikan bahwa proyek ini akan kita rampungkan hingga selesai, kami harap dengan terjalinnya kerja sama ini dapat memperkuat infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar,” pungkas Erwin Simanjuntak.



Penulis: Yudo Dahono / YUD
Sumber: BeritaSatu.com

#Gas Bumi #PGN Solution #SPHC #Jawa Tengah #Pertamina Gas

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Mahasiswa UMB Perkenalkan Public Speaking ke Siswa SMK

Terobosan Ketua BTN Tingkatkan Prestasi Esport Indonesia

Kedekatan Erick Thohir dengan NU, Ini Pandangan Pengamat

Pekan Ini Mobil Formula E Bakal Dipamerkan di Bundaran HI

Jepang Buka Kembali Negaranya untuk Turis dari 36 Negara

Teaser Film Horor Jagat Arwah Sedot 1,4 Juta Penonton

Panitia: Iklan Bir di Formula E Jakarta Sponsor Global FEO

Data Kasus Positif dan Kematian Covid-19 di Jakarta sampai 26 Mei 2022

Data Penerima Vaksin Covid-19 sampai 26 Mei 2022

Hepatitis Akut Dapat Dicegah, Waspadai Gejala Awal Ini

BERITA TERPOPULER