Kepemilikan Satwa Dilindungi, Terbit: Demi Tuhan Itu Titipan

Jakarta, Beritasatu.com – Bupati nonaktif Langkat, Terbit Rencana Perangin Angin menegaskan sejumlah satwa dilindungi yang ditemukan di kediamannya merupakan titipan semata. Dia membantah menjadi pemilik dari satwa-satwa dilindungi tersebut.

Hal itu ditegaskan Terbit saat dijumpai wartawan usai diperiksa di gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (17/5/2022). “Itu hanya titipan, demi Tuhan itu titipan semua,” ujar Terbit.

Dia menegaskan tidak memelihara satwa-satwa langka tersebut, mengingat hanya dititipkan semata. Diungkapkan Terbit, pihak-pihak yang menitipkan satwa langka sudah dia ungkapkan ke pihak pemeriksa dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang meminta keterangannya kali ini.

Baca Juga: Kasus Richard, KPK Geledah Kantor SKPD Pemkot Ambon

Dia tidak menjelaskan lebih lanjut soal identitas para penitip satwa kepadanya. Tersangka kasus dugaan suap itu juga mengaku tidak tahu-menahu bahwa satwa yang dititipkan merupakan jenis yang dilindungi. Dia menekankan jika mengetahui, pasti akan mempertanyakan izin satwa-satwa tersebut kepada para pihak penitip.

“Nanti kita lihat saja kalau inisialnya (identitas penitip satwa dilindungi),” katanya.

Diberitakan, KPK membenarkan telah memfasilitasi pemeriksaan Terbit Rencana oleh tim penyidik pada KLHK hari ini. Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri menjelaskan, pemeriksaan tersebut dilakukan untuk keperluan penanganan perkara yang tengah ditangani.

“Pemeriksaan untuk keperluan penanganan perkara yang sedang ditanganinya. Fasilitasi ini sebagai wujud dukungan KPK dalam penanganan perkara oleh penegak hukum,” ujar Ali.

Saat dijumpai wartawan usai pemeriksaan, tim penyidik dari KLHK enggan berbicara banyak soal pemeriksaan Terbit terkait kepemilikan satwa dilindungi. Salah satu anggota tim penyidik hanya mengungkapkan Terbit diperiksa sebagai saksi dahulu.

“Ya intinya saya hanya memeriksa sebagai saksi dulu,” ungkapnya.

Baca Juga: Boyamin Saiman Penuhi Panggilan KPK

Sebagai informasi, KPK sebelumnya menemukan satwa dilindungi saat menggeledah kediaman Terbit pada Selasa, 25 Januari 2022.

“Dalam proses penggeledahan tersebut, ditemukan sejumlah satwa yang dilindungi oleh UU yang diduga milik tersangka TRP,” kata Ali dalam keterangannya, Rabu (26/1/2022).

Atas temuan tersebut, tim penyidik KPK telah berkoordinasi dengan aparat lainnya untuk mendalami dugaan tindak pidana Terbit terkait satwa dilindungi tersebut. “Atas temuan ini, tim penyidik segera melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk tindakan hukum berikutnya,” katanya.



Penulis: Muhammad Aulia / CAR
Sumber: BeritaSatu.com

#Terbit #Bupati Langkat #KPK #Satwa Dilindungi #Terbit Rencana Perangin Angin

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Misi Damai Ukraina-Rusia, Presiden Jokowi Perlu Komunikasi Bilateral

Sambut Hari Bhayangkara, Kapolri Ziarah ke TMP Kalibata

Wahana Antariksa Tiongkok Rekam Gambar Seluruh Planet Mars

KAI Commuter Gelar Kampanye Cegah Tindak Kekerasan

Hikmahbudhi Sayangkan Renovasi Wihara di Sukabumi Ditolak Ormas

Listrik PLN Kini Terangi Kampung Boldon di Papua Barat

Tiba di Kyiv Ukraina, Misi Perdamaian Jokowi Dimulai

Airlangga Hartarto Bahas Sepak Bola Bersama Ronaldinho

Bantuan untuk Korban Banjir Pamijahan Terkendala Medan

Analis Bloomberg Prediksi Pendapatan SILO Terus Tumbuh pada Tahun Ini

BERITA TERPOPULER